Breaking News:

Budaya

Masyarakat adat Kampung Kareumbi "Berperang"

Masyarakat adat Kampung Kareumbi, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terlibat perang besar.

TRIBUN JABAR / M ZEZEN ZAINAL M
Masyarakat adat Kampung Kareumbi, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terlibat perang tomat antar sesama warga yang mayoritas petani sayuran, Rabu (19/11). Perang tomat merupakan agenda tahunan yang dilakukan para petani Kampung Kareumbi sebagai wujud syukur mereka atas hasil panen tahun ini yang melimpah. 

LEMBANG, TRIBUN - Masyarakat adat Kampung Kareumbi, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terlibat perang besar. Namun perang yang melibatkan ratusan warga ini bukan perang sesungguhnya, melainkan hanya perang-perangan.

Bukan pistol atau air soft gun yang digunakan dalam "perang" ini. Warga yang mayoritas petani sayuran menggunakan buah tomat sebagai senjata mereka.

Seperti perang pada umumnya, perang tomat ini pun melibatkan dua kubu. Masing-masing kubu melengkapi tiap prajuritnya dengan baju perang. Hanya saja baju perang mereka cuma terbuat dari anyaman bambu.

Perang tomat yang sudah menjadi agenda wisata tahunan ini dipimpin oleh sesepuh adat. Perang tomat merupakan wujud syukur para petani Kampung Kareumbi atas hasil panen tahun ini yang melimpah.

Setelah melalui serangkaian upacara adat, perang pun dimulai. Sesepuh adat akan memberi tanda bahwa perang dimulai. Begitu sesepuh memberi aba-aba, tomat berseliweran di udara. Serangan yang dilakukan oleh kubu di sebelah barat langsung dibalas oleh kubu dari timur. Kubu timur dengan gencar melepaskan serangan "rudal" berupa tomat-tomat busuk.

Serangan tomat yang jumlah totalnya mencapai kuintalan silih bergantians dari kedua kubu. Meski terkena lemparan, tak ada seorang pun prajurit yang marah atau murka terkena "tembakan" lawan. Mereka justru senang bila ada "tembakan" lawan yang mengenai badannya. Semua larut dalam kegembiraan dan senyum lebar termasuk para penonton. (zam)

Tags
Lembang
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved