Tips Otomotif

Begini Agar Avanza Putih Tetap Terlihat Gres

PUTIH dianggap warna yang bersih dan membuat tampilan mobil menjadi makin mewah.

Begini Agar Avanza Putih Tetap Terlihat Gres
KompasOtomotif/Azwar Ferdian
Pemilik nomor anggota 0001 yang jadi ikon komunitas 

JAKARTA, TRIBUN — Mobil dengan warna putih sedang menjadi pilihan bagi kebanyakan konsumen di Indonesia. Putih dianggap warna yang bersih dan membuat tampilan mobil menjadi makin mewah. Namun, merawat kelir putih perlu perhatian lebih agar tidak cepat pudar.

Toyota Avanza milik Syarief KH ini adalah contohnya. Sebenarnya mobil dengan nomor polisi B 1387 WUG lansiran 2008 ini punya warna asli hitam. Tetapi, Syarief mengubahnya dengan warna superwhite, langsung di bengkel resmi Auto2000 Body and Paint.

Pria ramah ini mengaku, dirinya memang memberikan perawatan ekstra untuk menjaga kualitas warna dan kebersihan mobil. Pasalnya, kotor sedikit saja mobil dengan warna putih ini sudah tidak sedap dipandang mata.

avanza putih

"Gampang-gampang susah sebenarnya merawat warna putih. Pastinya, bila terkena hujan langsung segera dicuci agar bercak-bercak dan jamur tidak menempel. Usahakan juga jangan parkir di bawah matahari langsung dan jangan dibiasakan pakai cover bodi saat parkir di rumah," jelas Syarief saat berbincang dengan KompasOtomotif.

Pemilik nomor 0001 di komunitas Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) ini melanjutkan, poles bodi juga diperlukan agar kualitas warna tetap terjaga. Tiga bulan sampai enam bulan sekali luangkan waktu untuk memoles bodi, yang bisa dilakukan di salon mobil atau juga dikerjakan sendiri.

Senada dengan Syarief, spesialis salon dan kaca mobil di Cibubur Point, Yusuf, menegaskan agar tidak malas untuk mencuci mobil seusai terkena hujan. Ini adalah kunci terpenting bila ingin warna cat mobil tetap awet.

"Biasanya orang yang sibuk sudah malas untuk mencuci mobil setelah terkena air hujan. Sifat air hujan itu keras, bahkan bisa menimbulkan karat. Bila cuci saja sudah malas, biasanya orang sudah tidak memikirkan lagi untuk memoles mobil. Ini yang bisa membuat warna putih berubah jadi kuning," jelas Yusuf saat ditemui KompasOtomotif.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah pemasangan stiker pada bodi. Upayakan stiker tidak mengganggu estetika pada bagian luar eksterior. Pikirkan secara matang bila ingin memasang stiker, dan usahakan stiker terpasang memang untuk waktu yang lama. "Amannya memasang stiker memang di kaca karena mudah dibersihkan," jelas Syarief KH lagi.

avanza putih

Avanza Pop You Up
Avanza putih milik pria penggemar diecast ini masuk dalam jajaran Avanza Pop You Up yang diselenggarakan Toyota Astra Motor (TAM). Dia menegaskan ubahan dengan konsep minimalis, yang menjaga fungsionalitas kendaraan.

Ubahan pada bodi terlihat sederhana dengan mengunggulkan warna eksterior superwhite, dengan paduan stiker, lalu pelek 17 inci, lampu depan dipermanis dengan alis dan kaca film black beauty 80 persen di kaca samping dan belakang, serta 40 persen di kaca depan.

Sedangkan pada interior, Syarief mengganti jok dengan julit sintetik warna hitam abu-abu, head unit 2DIN, sistem infotaintment kabin tengah dengan layar monitor di headrest, subwoofer 12 inci, dan comfort karpet antidebu. Teknologi terkini juga dipasang, yakni tombol start/stop yang menggantikan fungsi kunci saat menghidupkan mesin. (KompasOtomotif )

Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved