Hari Pramuka

Sebanyak 14 Sekolah di Ciamis Ramaikan Helaran ala Pramuka

TAK hanya menggelar upacara bendera tetapi juga penampilan kesenian tradisional, serta unjuk kabisa permainan kaulinan budak lembur.

TRIBUN JABAR / ANDRI M DANI
Permainan egrang mewarnai Hari Pramuka ke-53 di Kabupaten Ciamis, Rabu (27/8/2014). 

CIAMIS,TRIBUN  - Sebanyak 14 sekolah terdiri atas SMA, SMK, dan Aliyah yang ikut serta dalam helaran ala pramuka Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini mewarnai rangkaian peringatan 53 tahun  Hari Pramuka di halaman Pendopo Ciamis, Rabu (27/8/2014). Tak hanya menggelar upacara bendera tetapi juga penampilan kesenian tradisional, serta unjuk kabisa permainan kaulinan budak lembur. Kegiatan hari pramuka itu sendiri melibatkan sekitar 2.145 anggota pramuka se Ciamis.

Bupati Ciamis Drs H Iing Syam Arifin selaku Ketua Kwarcab Ciamis yang didampingi langsung Wabup Ciamis Jeje Wiradinata menyaksikan iring-iringan karnaval ala Pramuka Ciamis yang diawali dengan kehadiran kereta kencana yang membawa pataka pramuka.

Masing-masing SMA, SMK dan Aliyah yang mengikuti helaran khas pramuka tersebut menampilkan kabisa masing-masing mulai dari seni tradisi seperti ronggeng gunung, gembyung, rampak gendang, calung, silat dan sebagainya. Juga ada drumband dan tarian modern.

Tak ketinggalan di perhelatan kali ini ada permainan tradisional anak-anak (kaulinan budak lembur) seperti sorodot gaplok, jajangkungan (enggrang), baren, prepet jengkol, permainan gasing, sapintrong, gobag, pecle, sampai paciwit-ciwit lutung dan sebagainya.
Adapun permainan menghibur dari gerakan pramuka sendiri seperti kolase tongkat kolaborasi, smapore dan sebagainya. Suatu penampilan yang menyenangkan.

Selain sejumlah kegiatan, stand pameran mini dari berbagai saka turut memeriahkan Hari Pramuka tahun ini. Pesertanya, mulai dari Saka Wira Kartika, Saka Wana Bhakti, Saka HUsada, Saka Taruna Bumi, Saka Kalpataru, Saka Kencana (KB) dan Saka Pariwisata.

Bupati Ciamis Drs H Iing Syam Arifin yang juga selaku Ketua Kwarcab Ciamis pada sambutannya mengingatkan para anggota pramuka agar selalu menjaga budi pekerti, akhlak mulia dan mengimplementasikan pendidikan kepramukaan dalam kehidupan sendiri di lingkungan masing-masing (sta)


Penulis: Andri M Dani
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved