Breaking News:

Harga Mobil Murah Toyota Naik

Diam-diam Toyota Indonesia kembali menaikkan banderol harga sebagian besar model per 1 April 2014. Kenaikan relatif beragam untuk berbagai

Editor: Darajat Arianto
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
TOYOTA AGYA - Dua orang model berpose di samping mobil Astra Toyota Agya saat acara peluncuran tersebut di Graha Tirta Siliwangi, Jalan Lombok, Kota Bandung, Jumat (27/9/2013). 

JAKARTA, TRIBUN - Diam-diam Toyota Indonesia kembali menaikkan banderol harga sebagian besar model per 1 April 2014. Kenaikan relatif beragam untuk berbagai jenis model, rata-rata Rp 3-5 juta.

"Kenaikan ini murni karena penyesuaian nilai tukar dollar AS terhadap rupiah, jadi hasil kalkulasi lanjutan," jelas Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor kepada KompasOtomotif, Selasa (8/4/2014).

Dijelaskan, pelemahan nilai tukar rupiah, akhir tahun laiu mencapai di atas Rp 12.000 per dollar AS. Saat ini, posisi nilai tukar juga berkisar Rp 11.500. Posisi perhitungan nilai tukar sebelum lonjakan masih di bawah Rp 10.000, sehingga ada kenaikan sekitar 10-15 persen.

"Kami waktu itu menaikkan harganya bertahap, tidak sekaligus, ini sudah naik tiga kali sejak akhir tahun lalu. Meskipun harga naik, depresiasi dollar tidak semuanya dibebankan pada konsumen," lanjut Samulo.

Lantas harga model apa saja yang naik, Samulo mengatakan model-model yang berkaitan langsung dengan nilai tukar, terutama impor utuh (CBU). Kenaikan juga terjadi untuk produk mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC), Agya.

"Kenaikan tidak terjadi di semua model, khusus Avanza dan Rush kami pertahankan harganya karena memang masih banyak peminatnya," tutup Samulo.  (Agung Kurniawan/kompas.com)

Tags
otomotif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved