Perang Sengit Mobilio dan Avanza

Honda semakin percaya diri dengan model terbaru, Mobilio. Kendaraan multiguna 7-penumpang ini mulai menempel Toyota Avanza sebagai mobil

JAKARTA, TRIBUN - Honda semakin percaya diri dengan model terbaru, Mobilio. Kendaraan multiguna 7-penumpang ini mulai menempel Toyota Avanza sebagai mobil terlaris di segmennya. Bahkan, Februari lalu, berhasil menggeser rival lain yang sudah lebih dulu ada di pasar, seperti Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Nissan Evalia, dan Chevrolet Spin.

Data Gaikindo bulan lalu menunjukkan, Mobilio terjual 6.241 unit di bawah Avanza yang terjual 15.708 unit. Peringkat ketiga diisi Daihatsu Xenia dengan penjualan 5.137 unit, disusul Suzuki Ertiga 3.216 unit, APV 1.058 unit, Chevrolet Spin 1.023 unit, dan Nissan Evalia 568 unit.

Secara kumulatif pada dua bulan pertama 2014, maka Mobilio sudah terjual 7.749 unit dengan menikmati pangsa pasar 12 persen di segmen MPV low. Sampai saat ini, Honda mengaku masih mengantongi tumpukan pesanan lebih dari 20.000 unit.

"Tren penjualan Mobilio di Februari menunjukkan model ini semakin diterima oleh konsumen," ujar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM), dalam keterangan resminya, Selasa (11/3/2014).

Selain itu, Mobilio kini juga sudah menjadi penopang utama penjualan Honda di Indonesia yang sebelumnya mengandalkan Jazz. Mini hatchback tersebut tetap mendongkrak total penjualan Honda pada Februari lalu sampai 23 persen, dari 9.635 unit (Januari) menjadi 11.915 unit. Dua bulan pertama, Honda sudah menjual 21.550 unit, dengan torehan pangsa pasar dua digit alias 10 persen terhadap total pasar otomotif nasional.  (Agung Kurniawan/kompas.com)

Tags
otomotif
Editor: Darajat Arianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved