Breaking News:

Apes, Pencuri Motor Terjatuh Ditolong Polisi

Menggelikan. Agus Mukmin (43), seorang residivis kasus pencurian motor (ranmor) terjatuh saat hendak kabur bawa motor curian.

Penulis: Dicky Fadiar Djuhud
Editor: Kisdiantoro

BANDUNG, TRIBUN - Menggelikan. Agus Mukmin (43), seorang residivis kasus pencurian motor (ranmor) terjatuh saat hendak kabur bawa motor curian. Sialnya, ia terjatuh dan ditolong oleh anggota polisi dari Bojongloa Kidul yang tengah bertugas tak jauh dari lokasi terjatuhnya Agus di kawasan Jalan Peta, Bandung.

Selidik punya selidik, residivis berbadan gempal itu rupanya saat mencuri motor milik sekuriti SPBU di Jalan Naripan, Bandung, Cucu Wahyu (38), dalam kondisi mabuk. Karuan, saat mengendarai motor curian tersebut oleng hingga terjatuh di depan polisi yang tengah bertugas malam itu.

"Waktu itu pusing sekali kepala saya (mabuk). Jatuh. Habis minum-minum sama teman. Mau pulang," ujar Agus saat ditemui di Mapolsek Bojongloa Kidul, Minggu (16/2).

Melihat gerak-gerik Agus, polisi menaruh curiga. Apalagi saat hendak diberi pertolongan dan disuruh ke Mapolsek Bojongloa Kidul yang jaraknya beberapa meter saja, Agus menolak.

Polisi makin curiga saat Agus dimintai surat kendaraan bermotor oleh petugas. Agus tak bisa menunjukkan surat yang dimaksud. Mendapati benar-benar tengah teler, polisi memeriksa Agus serta menemukan kunci astag yang kerap menjadi alat yang digunakan para pelaku pencurian motor.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, pesawat komunikasi yang Kepolisian mengumumkan adanya pencurian motor di kawasan Naripan. Tak ayal, dua kejadian yang hampir berbarengan terjadi membuat petugas waspada dan makin curiga terhadap gerak-gerik Agus. Polisi langsung mengamankannya dan memeriksanya.

"Motor saya dicuri sekitar pukul 22.57, langsung lapor ke Polsek Sumur Bandung. Waktu itu, saya tinggal sebentar ke air. Teman saya lagi sibuk mengatur lalu lintas. Pagi, sekitar pukul sebelas, saya dapat kabar, motor saya ketemu," ujar Cucu Hidayat.

Cucu berkali-kali mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polsek Bojongloa Kidul. Motornya bisa kembali utuh, meski beberapa bagian ada yang rusak akibat terjatuh saat dibawa kabur oleh Agus.

Ditemani istri tercinta Cucu, yaitu Nur (37) memperoleh kunci motor secara simbolis dari Kapolsek Bojongloa Kidul, Kompol Gotam Hidayat di Mapolsek Bojongloa Kidul. Keduanya, tak lupa pula menyampaikannya secara langsung ucapan terimakasih tersebut.

Pada saat yang sama, Gotam mengungkapkan, kronologi kasus ranmor yang menimpa Cucu, berawal dari kecurigaan petugas terhadap gerak-gerik Agus. Hingga kecurigaan tersebut terbukti, Agus memang saat itu usai melakukan pencurian kendaraan roda dua milik Agus.

"Pelaku ini residivis dan sudah beberapa kali melakukan pencurian di kawasan Sukasari, Cidadap, dan diduga di beberapa wilayah lainnya di Bandung," kata Gotam.

Berdasar atas pengakuan tersangka, lanjutnya, pencurian motor tersebut baru pertama kali dilakukannya. Kendati begitu, Kapolsek dan tim penyidik tidak percaya begitu saja atas pengakuan Agus. Terlebih, setelah melakukan pengembangan, ternyata Agus adalah residivis dalam kasus yang sama.

Kini, Agus mendekam di sel tahanan Mapolsek Bojongloa Kidul. Ia dijerat pasal 363 tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman kurungan diatas lima tahun. (dic)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved