Pilkada Garut

Pelatinkan Bupati Garut Diundur Pukul 13.00 WIB

Ternyata pada hari yang sama, Gubernur dijadwalkan mengikuti rapat koordinasi memgenai Pileg 2014

TRIBUN JABAR/M SYARIF ABDUSSALAM
Dari kiri Helmi Budiman, Ketua DPRD Garut Ahmad Bajuri, Bupati Garut Terpilih Rudy Gunawan, Bupati Garut Agus Hamdani, dan Kapolres Garut AKBP Arif Rachman, di Kantor DPRD Kabupaten Garut, Selasa (21/1/2014) saat meninjau komplek perkantoran pemerintah Kanupaten Garut. 

GARUT, TRIBUN - Pelantikan Rudy Gunawan dan Helmi Budiman sebagai Bupati Garut dan Wakil Bupati Garut terpilih hasil Pemilukada Garut 2013 terpaksa diundur dari waktu yang telah direncanakan.

Ketua DPRD Kabupaten Garut, Ahmad Bajuri, mengatakan sebelumnya dijadwalkan pelantikan di Gedung DPRD Kabupaten Garut tersebut digelar 23 Januari 2014 pukul 09.00. Setelah rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat digelar, waktu pelantikan pun akhirnya diundur jadi pukul 13.00.

"Ternyata pada hari yang sama, Gubernur dijadwalkan mengikuti rapat koordinasi mengenai Pileg 2014. Kegiatan tersebut tidak bisa diwakilkan dan akhirnya kami pun menyesuaikan jadwal dengan kegiatan Gubernur, acara pelantikan diundur jadi siang," kata Ahmad, Selasa (21/1).

Walaupun diundur beberapa jam dan melenceng daru rencana awal, Ahmad mengatakan hanya bisa menerima keputusan tersebut dan menyesuaikan jadwalnya. Tidak jadi masalah, kata Ahmad, pelantikan dapat dilakukan seperti seharusnya, hanya menggeser waktu beberapa jam dari yang sudah dijadwalkan.

"Mungkin acara setelah pelantikannya juga harus diundur. Tapi kami dari dewan tidak mengurus itu, yang penting pelantikan tetap di hari yang sama dan hanya bergeser ke siang. Kami siap laksanakan pelantikan," kata Ahmad.

Sebelumnya melalui rapat pleno, KPU Kabupaten Garut menetapkan Rudy Gunawan dan Helmi Budiman sebagai pemenang Pemilukada Garut 2013 sekaligus sebagai calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Garut periode 2014-2019.

Rudy Gunawan - Helmi Budiman mendapat 524.164 atau 50,31 persen suara. Sedangkan, pasangan Agus Hamdani - Abdusy Syakur mendapat 517.769 suara atau 49,69 persen.

Berdasarkan hasil rekapitulasi tersebut, jumlah suara yang didapat pasangan Rudy Gunawan - Helmi Budiman dan pasangan Agus Hamdani - Abdusy Syakur hanya memiliki selisih 6.395 suara atau 0,62 persen dari keseluruhan suara sah. Rudy Gunawan - Helmi Budiman akan dilantik pada 23 Januari 2013. (Sam)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved