Breaking News:

Warga di Garut Nanti Tak Bisa Buang Sampah Setiap Hari

Kodim 0611 Garut bersama Pemerintah Kabupaten Garut akan menjadwal pembuangan sampah di kawasan perkotaan Kabupaten Garut.

GARUT, TRIBUN - Kodim 0611 Garut bersama Pemerintah Kabupaten Garut akan menjadwal pembuangan sampah di kawasan perkotaan Kabupaten Garut. Kegiatan ini dicanangkan sehari setelah pelantikan Bupati Garut yang baru, Rudy Gunawan, yakni pada 24 Januari 2013.

Komandan Kodim 0611 Garut, Letkol Inf Bungkus Hadi Suseno, mengatakan kegiatan ini merupakan tahap lanjutan dari Gerakan Garut Bersih yang dicanangkan akhir tahun lalu. Setelah langkah sosialisasi, katanya, kini saatnya direalisasikan.

"Nanti langkah awalnya, sejumlah spanduk mengenai jadwal pembuangan sampah akan disebar di kawasan permukiman dan perkotaan. Warga hanya dibolehkan membuang sampah di tempat pembuangan sementara pada waktu tertentu, kemudian langsung diangkut oleh petugas kebersihan," kata Dandim, Sabtu (18/1).

Dengan terorganisasi, sampah tidak akan nampak menumpuk di kawasan perkotaan. Sampah akan langsung diangkut setelah dibuang warga ke tempat pembuangan sementara. Dandim mengatakan gerakannya ini dibantu oleh pemerintah di tingkat kelurahan dan desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Iman Alirahman, mengatakan Bupati Garut yang baru akan mencanangkan kembali jadwal pembuangan sampah ini. Gerakan Garut Bersih akan diresmikan dengan aksi Bupati mengangkut sampah menggunakan motor bak terbuka.

"Kami mendapat bantuan 25 buah sepeda motor bak terbuka untuk pengangkut sampah dari Gubernur. Kami pun sudah melakukan pengadaan 3 truk pengangkut sampah pada APBD Perubahan 2013 dan 2 truk baru pada APBD 2014," katanya.

Sejumlah upaya yang akan dilakukan secara maksimal dan terkonsentrasi ini, kata Iman, untuk mewujudkan Kabupaten Garut yang bersih, kembali membersihkan julukan Swiss van Java dari noda sampah.

"Kita rumuskan kembali masalah ini dengan BUMD dan BUMN. Kita kumpulkan partisipasi sebagai langkah bermasa mengatasai masalah sampah. Kita iringi semangat ini dengan penataan tempat pembuangan sampah dan fasilitas lainnya, termasuk penataan taman," kata Iman. (Sam)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved