Pasien Rujukan Kini Harus ke RS Al Ihsan Dulu

Sampai Maret 2014, warga pengguna Askes dan Jamkesmas yang menjadi penerima jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dapat

GARUT, TRIBUN - Sampai Maret 2014, warga pengguna Askes dan Jamkesmas yang menjadi penerima jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dapat mendapat pelayanan seperti biasa. Baru pada April 2014, pengguna jaminan kesehatan BPJS dapat memilih tempat Pelaksana Pelayanan Kesehatan (PPK).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Ade Rusiyana, mengatakan seiring dengan berjalannya proses pergantian kartu Jamkesmas dan Askes menjadi jaminan kesehatan dari BPJS, BPJS menunjuk sejumlah PPK.

"Selama tiga bulan itu akan terhitung kuota masing-masing pelayanan. Nanti terlihat, ada klinik atau puskesmas atau PPK lainnya yang pelayanannnya sangat padat, ada juga yang kosong," kata Ade di Kantor Dinas Kesehatan, Rabu (1/1).

Setelah tiga bulan, katanya, penerima layanan kesehatan BPJS dapat memilih tempat berobatnya. Namun sampai saat ini, pelayanan kesehatan jenis PPK 1 masih didapat di puskesmas di masing-masing kecamatan atau klinik yang biasa dikunjungi.

PPK 2, katanya, adalah RSUD dr Slamet Garut dan PPK 3 adalah RS Al Ihsan di Kabupaten Bandung. PPK 4, katanya, adalah RS Hasan Sadikin Bandung. Jika biasanya pasien dari RSUD dr Slamet Garut langsung dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung, kini harus dirujuk terlebih dulu ke RS Al Ihsan.

Ade mengatakan saat ini terdapat 1.137.063 warga pengguna Jamkesmas dan sekitar 300 ribu warga pengguna Askes. Secara otomatis, lebih dari separuh warga Garut ini beralih menjadi penerima layanan BPJS.

"Sisanya adalah pengguna Jamkesda dan Jamsostek. Ada juga yang tidak punya asuransi. Kami harap pada 2015 atau 2016, pengguna Jamkesda beralih menjadi pengguna BPJS. Warga yang tidak punya asuransi bisa daftar untuk mendapat layanan kesehatan dari BPJS," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Tags
kesehatan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved