Pilkada Garut

Pendukung Cabup Diminta Tidak Konvoi

Pengamanan sejumlah kawasan di Kabupaten Garut tetap dilakukan secara ketat walaupun Rapat Pleno Penetapan Calon Terpilih Bupati dan Wakil

Infografis Cuma Beda Tipis 

GARUT, TRIBUN - Pengamanan sejumlah kawasan di Kabupaten Garut tetap dilakukan secara ketat walaupun Rapat Pleno Penetapan Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Garut Masa Bakti 2014-2019 telah usai. Pengamanan akan dilakukan sampai calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Garut masa bakti 2014-2019, Rudy Gunawan - Helmi Budiman dilantik secara resmi.

Kapolres Garut, AKBP Arif Rachman, mengatakan pengamanan intensif dilakukan selama tiga hari setelah rapat tersebut selesai, yakni masa pengajuan gugatan Pemilukada ke Mahkamah Konstitusi. Pengamanan pun dilanjutkan sampai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Garut 2013 yang rencananya dilaksanakan akhir Januari 2014.

"Kami terus mengamankan keputusan KPU Kabupaten Garut ini. Pengamanan dilakukan terhadap rumah pasangan terpilih, rumah para komisioner KPU Kabupaten Garut, serta kantor dan gudang KPU," kata Kapolres saat ditemui di Mapolres Garut, Rabu (27/11).

Pengamanan di kantor dan gudang KPU Kabupaten Garut, bertujuan mengamankan seluruh dokumen KPU. Dengan demikian, jika gugatan pihak yang belum memenangkan Pemilukada Garut 2013 diproses, bukti otentik berupa dokumen KPU tersedia dengan aman.

Selain kediaman Rudy Gunawan di Wanaraja dan Helmi Budiman di Tarogongkaler, Polres Garut pun bersedia mengamankan kediaman Agus Hamdani di Baluburlimbangan dan Abdusy Syakur di Tarogongkidul.

Polisi, tuturnya, telah bekerja maksimal dalam mengamankan proses Pemilukada ini. Pendukung pasangan pemenang Pemilukada, tuturnya, diimbau untuk tidak mengekspresikan kebahagiaannya dengan euforia berlebihan. Simpatisan pun diminta untuk tidak memasang spanduk ucapan selamat pada masa jeda ini.

"Operasi Praja Cikurai berlangsung sampai pelantikan. Kami imbau masing-masing massa pendukung kedua pasangan tersebut untuk tidak melakukan aksi yang dapat memprovokasi, seperti konvoy, minimal dalam tiga hari ini," tuturnya.

Secara umum, kata Kapolres, pengamanan rapat pleno KPU Kabupaten Garut yang menetapkan Rudy Gunawan - Helmi Budiman sebagai calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Garut, berjalan lancar. Walau terdapat pergerakan massa yang tidak puas dengan hasil Pemilukada, dianggap wajar sebagai upaya berdemokrasi.

"Silakan warga memberikan asprasi, asalkan secara santun. Akan lebih baik mengambil jalur yuridis. Setelah mendapat bantuan personel sampai kami berjumlah 2.500 personel, kini kekuatan kami kembali 999 personel," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved