Pilkada Garut

Sepanduk Ucapan Selamat dan Klaim Kemenangan Bertebaran

Spanduk berisi ucapan selamat kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati Garut nomor urut 8, bertebaran

Sepanduk Ucapan Selamat dan Klaim Kemenangan Bertebaran
Tribun Jabar/Sjarif Abdussalam
Debat Kandidat Peserta Pemilukada Garut 2013, yakni 10 pasangan calon bupati dan wakil bupati Garut, digelar di Gedung Mutiara, Jalan Raya Cipanas, Rabu (4/9) malam. Kesepuluh pasangan ini menjawab hampir seluruh pertanyaan secara normatif.

GARUT, TRIBUN - Spanduk berisi ucapan selamat karena memenangkan Pemilukada Garut 2013 kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati Garut nomor urut 8, Rudy Gunawan-Helmi Budiman, bertebaran di sejumlah jalan protokol di Kabupaten Garut, (19/11). Untuk menanggapinya, tim pasangan nomor urut 5, Agus Hamdani-Abdusy Syakur, menggelar pengerahan massa.

"Saya pun tidak mengetahui kegiatan ini akan digelar. Mendadak tadi digelar karena untuk menjawab banyaknya spanduk dari pihak lawan yang menyatakan menang. Padahal belum diumumkan. Kalau begitu, kami pun bisa mengklaim menang," kata Agus saat ditemui seusai kegiatan tersebut, Selasa (19/11).

Spanduk-spanduk yang dipasang di antaranya di sekitar Jalan Patriot dan Kerkhof ini, tuturnya, membuat resah para pendukungnya. Akhirnya, masyarakat menganggap bahwa pasangan nomor delapan telah menang, padahal pengumuman resmi baru digelar 26 November 2013.

Agus pun mengatakan bahwa selebaran yang berisi data hasil Pemilukada Garut putaran kedua dan menyatakan dirinya menang bukan berasal dari timnya. Sebab, katanya, pihaknya tetap beracuan pada keputusan KPUD Kabupaten Garut.

"Euphoria kemenangan pasangan lawan memengaruhi kami. Akhirnya menimbulkan ketidakjelasan. Tapi, secara tegas kami nyatakan tidak pernah merilis quick count atau real count. Kami memercayakan sepenuhnya kepada KPU. Karena C1 belum terkumpul di daerah," kata Agus.

Ketua Panwaslu Kabupaten Garut, Saepulloh, mengatakan upaya provokatif ini terjadi sejak Senin (18/11) malam. Spanduk yang dipasang oleh simpatisan Rudy Gunawan-Helmi Budiman ini dipasang di empat kecamatan kawasan perkotaan Garut.

"Pemasangan spanduk oleh Rudy-Helmi ini kemudian berlanjut ke kawasan Kecamatan Tarogongkidul, seperti di perempatan Jalan Patriot, Simpang Lima, dan Jalan Pembangunan. Kami juga bahkan mendapati spanduk kemenangan yang sama dari pasangan AKUR di Jalan Pembangunan," katanya.

Ketua Tim Humas dan Media Centre Pasangan Rudy Gunawan-Helmi Budiman, Dikdik Wahidin Zein, mengatakan spanduk kemenangan yang dipasang di sejumlah titik di Kabupaten Garut bukan dilakukan oleh timnya. Tim media centre, kata Dikdik, hanya memasang spanduk berisi ucapan terima kasih di depan DPC PKS.

"Saya tidak tahu kalau ada spanduk kemenangan dipasang. Tim kami hanya memasang spanduk berisi ucapan terima kasih untuk masyarakat Garut. Mungkin spanduk tentang kemenangan itu dipasang oleh para simpatisan atau relawan," katanya. (Sam)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved