Breaking News:

Lahan Pengganti Pertanian Sulit Terwujud

Usaha pertanian di Kabupaten Cianjur pada 2013 mengalami penurunan. Penurunan tersebut terjadi disebabkan beberapa faktor. Di antaranya

Penulis: cis
Editor: Darajat Arianto
Lahan Pengganti Pertanian Sulit Terwujud
Mega Nugraha
ILUSTRASI petani

CIANJUR, TRIBUN - Usaha pertanian di Kabupaten Cianjur pada 2013 mengalami penurunan. Penurunan tersebut terjadi disebabkan beberapa faktor. Di antaranya mulai banyak terjadi pengalihan fungsi lahan sawah menjadi lahan industri.

Kepala Seksi (Kasi) Produksi BPS Kabupaten Cianjur, Surya Cahya Permana, mengatakan, peralihan fungsi lahan itu banyak terjadi di Kecamatan Sukaluyu. Di Sukaluyu usaha pertanian pada 2013 berjumlah 7.343 RTP atau lebih sedikit dari jumlah 2003, yakni 9.060 RTP.

"Kalau lahannya berkurang otomatis usaha pertaniannya juga ikut berkurang," kata Surya, Jumat (15/11). Adapun berdasarkan hasil pendataan 2012, luas lahan di pertanian sawah dan bukan sawah di Kecamatan Sukaluyu sebanyak 3.496 hektare.

Selain itu, kata Surya, mulai banyak lahan sawah yang berubah menjadi kawasan perumahan. Akan tetapi penggantian lahannya masih belum terlaksana mengingat hal itu merupakan kewenangan pemda. "Kalau kami sebatas melakukan pendataan dan sensus. Karena itu bukan kewenangan kami," katanya. (*)

Tags
pertanian
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved