Breaking News:

Bandung Weekend

Angklung dan Puisi Iringi "Dialog 100"

Jakatarub dan komunitas lintas agama lainnya mengadakan rangkaian acara bertema Bandung Lautan Damai

Penulis: feb | Editor: Kisdiantoro

JARIANGAN Kerja Antar Umat Beragama (Jakatarub) dan komunitas lintas agama lainnya mengadakan rangkaian acara bertema Bandung Lautan Damai demi menyambut Hari Toleransi Internasional yang jatuh pada 16 November. Rangkaian acara yang sudah berlangsung dari 3 November ini, puncaknya pada Pentas Seni dan Orasi Kebudayaan pada 16 November di Museum Mandalawangsit Siliwangi.

Pentas seni akan diisi dengan berbagai pertunjukan, mulai dari musik band, puisi hingga teater. Orasi kebudayaan akan diisi oleh Wawan selaku Koordinator Bandung Lautan Damai. Puncak acara sebenarnya, yakni peluncuran buku "Dialog 100".

"Beberapa komunitas juga mengisi acara. Ada komunitas agama, misalnya Soka Gakka Indonesia. Lalu juga ada beberapa band mahasiswa yang peduli terhadap toleransi," ujar Otniel Felistianto, Koordinator Pentas Seni dari Jakatarub.

Soka Gakka Indonesia akan menampilkan harmonisasi angklung. Ada juga penampilan teater anak dari Praxis dan pembacaan puisi yang diiringi petikan gitar oleh ASAS UPI. Band-band pengisi, ada Pangea, LDR serta Syarif and Friends.

Peluncuran buku "Dialog 100" digelar di tengah-tengah acara. "Kami meluncurkan sebuah buku yang buku itu mirip seperti Chicken Soup. Kami mengumpulkan tulisan dari seluruh Indonesia, tidak hanya dari Bandung," ujar Otniel.

Rio Rahadian yang juga dari Jakatarub mengatakan buku ini diterbitkan secara indie. "Ini pengerjaannya sebenarnya mendadak banget, sih. Dikerjakan dalam dua minggu saja dan berhasil menjaring 153 naskah menjadi 100. Temanya adalah persahabatan lintas iman. Kami ingin semangat toleransi itu diterjemahkan ke masyarakat lebih luas dengan kisah sehari-hari," tuturnya.

Pentas seni ini terbuka bagi masyarakat luas. Terbuka juga bagi mereka yang ingin mendukung pergerakan "Bandung Lautan Damai" atau bagi mereka yang sekedar penasaran. (bb)

Bandung Lautan Damai
- Sabtu, 16 November 2013
- Museum Mandalawangsit Siliwangi
-Acara pentas seni dan orasi kebudayaan
- Tampil musik angklung, puisi, dan sejumlah band musik
- Peluncuran buku Dialog 100

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved