Breaking News:

1.000 Peserta Ikut Kirab Merah Putih

Sekitar 1.000 peserta dari berbagai kalangan di Kabupaten Bandung mengikuti kirab merah putih memperingati Hari

Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Barongsai ikut meramaikan kirab merah putih dalam meperingati Hari Pahlawan di Lapangan Upakarti, Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (10/11). 

SOREANG, TRIBUN - Sekitar 1.000 peserta dari berbagai kalangan di Kabupaten Bandung mengikuti kirab merah putih memperingati Hari Pahlawan. Kirab dimulai sejak pukul 07.00 dari markas Yon Zipur Dayeuhkolot dan berakhir di Lapang Upakarti, Kompleks Pemkab Bandung.

Para peserta kirab membawa puluhan bendera merah putih yang secara bergantian diserahkan pada peserta lainnya di setiap kecamatan. Rute yang dilalui mulai dari Dayeuhkolot hingga Soreang melewati tujuh kecamatan. Sekitar pukul 11.00 peserta kirab tiba di Lapang Upakarti. Para peserta kemudian melakukan upacara peringatan.

Peserta terdiri dari TNI, Polri, ulama, ormas Islam, pelajar, aparat pemerintah desa, Paskibra, budayawan serta para veteran.

Surya Purnomo (16), salah satu peserta kirab menuturkan, jika dirinya baru pertama kali ikut memperingati Hari Pahlawan. Dengan peringatan tersebut bisa menumbuhkan rasa nasionalisme terutama di kalangan pemuda.

"Sekarang kan banyak pemuda yang kurang menghargai bangsanya sendiri. Jadi dengan adanya kegiatan ini bisa mengembangkan persatuan yang ditanamkan oleh para pahlawan," kata Surya, Minggu (10/11).

Usai melakukan upacara peringatan, para peserta dihibur oleh barongsai. Ratusan siswa sekolah langsung mendekati atraksi barongsai yang baru ditampilkan di Lapang Upakarti. (aa)

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Januar Pribadi Hamel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved