Breaking News:

Vietnam Bersiap Hadapi Haiyan

Pemerintah Vietnam mulai melakukan evakuasi lebih dari 100.000 orang

Vietnam Bersiap Hadapi Haiyan
reuters
Penduduk kota Da Nang menyiapkan pasir untuk melindungi rumah mereka dari banjir.

VIETNAM, TRIBUN - Pemerintah Vietnam mulai melakukan evakuasi lebih dari 100.000 orang di tengah semakin mendekatnya Topan Haiyan. Salah satu badai terbesar di dunia ini diperkirakan akan mencapai Vietnam pada hari Minggu setelah menerjang Filipina dan menewaskan sekitar 120 orang warga di sana.

Media resmi menyebutkan sekolah-sekolah ditutup dan penduduk yang tinggal di kawasan pesisir dipindahkan ke tempat sementara yang lebih tinggi.
Perdana Menteri Nguyen Tan Dung melihat langsung persiapan Vietnam mengantisipasi terjangan badai ini. Kapal-kapal telah diperintahkan untuk kembali bersandar.

Topan super ini tercatat pada kategori lima atau yang tertinggi dan melemah menjadi kategori empat hari Sabtu (09/11).
Namun badan ramalan cuaca memperkirakan Topan Haiyan akan menguat lagi begitu melintas Laut Cina Selatan menuju Vietnam.
Lebih dari 120 orang dilaporkan meninggal sejauh ini akibat topan yang melanda Filipina Jumat (08/11). Para pejabat penerbangan mengatakan 100 jenazah tergeletak di jalan-jalan di kota Tacloban.

Penduduk di Bacalod Penduduk di pulau Bacalod, Filipina tengah, saat topan menerjang.
Topan ini menghancurkan gedung-gedung dan memicu tanah longsor. Militer telah memulai upaya penyelamatan. Badan-badan bantuan kesulitan untuk mencapai Tacloban di pulau Leyte, karena bandara rusak parah dan hanya pesawat militer yang dapat beroperasi, kata wartawan BBC Jon Donnison dari Manila.(bbc)

Editor: Ferri Amiril Mukminin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved