Breaking News:

Tingkat Hunian Hotel Hanya Naik Tipis

Meskipun kunjungan wisman di Jabar meningkat, tingkat penghunian kamar hotel di Jabar hanya naik 2,90 persen dari Agustus ke September

Tingkat Hunian Hotel Hanya Naik Tipis
Gani Kurniawan
ILUSTRASI Tamu Hotel

BANDUNG, TRIBUN - Meskipun kunjungan wisman di Jabar meningkat, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel di Jabar hanya naik 2,90 persen dari Agustus ke September 2013. TPK hotel berbintang naik 3,16 poin dari Agustus ke September, dari 42,59 persen menjadi 45,99 persen.

Kenaikan TPK hotel non bintang kurang dari satu poin, yakni 0,99 poin dari 37,27 persen selama Agustus 2013 menjadi 38,26 persen pada bulan berikutnya. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar, Herman Muchtar, tidak terkejut karena kecilnya TPK hotel di Jabar.

"Wisatawan meningkat tetapi pertumbuhan hotel pun meningkat pesat karena kehadiran hotel-hotel baru, baik hotel berbintang maupun non bintang," ujar Herman ketika dihubungi Tribun melalui ponselnya, Senin (4/11).

Rata-rata pertumbuhan hotel di Jabar sekitar 15 persen per tahun. Ia memperkirakan, tahun ini pertumbuhan hotel di Jabar lebih dari 15 persen. "Ada tambahan sekitar 2.000 kamar baru tahun ini," katanya. Itu, imbuhnya, seiringnya banyak izin yang keluar untuk wisma-wisma.

Director of Sales Holiday Inn Bandung, Denny Ristiyanto, mengaku peningkatan kunjungan wisman asal Malaysia dan Singapura belum berpengaruh ke TPK hotel itu. "Tamu kami kebanyakan berasal dari Jakarta," ujarnya ketika dihubungi Tribun melalui ponselnya, Senin (4/11).

TPK Holiday Iin Bandung meningkat 5-10 persen dari Agustus ke September 2013. Tingkat okupansi hotel mencapai 80 persen dari total 186 kamar. Namun, imbuhnya, ada sedikit penurunan daripada tahun lalu. "Itu terutama karena banyak hotel baru, market share pun terbagi,'" katanya.  (*)

Tags
perhotelan
Penulis: Tarsisius Sutomonaio
Editor: Darajat Arianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved