Breaking News:

Emil Yakin Satu Juta Biopori Terwujud dalam Hitungan Minggu

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil gulirlan gerakan satu juta biopori di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandung,

Penulis: Tiah SM | Editor: Januar Pribadi Hamel

BANDUNG TRIBUN - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil gulirkan gerakan satu juta biopori  di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandung, Kecamatan Bandung Kulon, Senin (4/11). Emil panggilan Ridwan Kamil menargetkan, satu juta biopori bisa tercapai dengan mengerahkan relawan.

Peluncuran gerakan satu juta biopori ditandai  penyerahan peralatan pembuatan lubang biopori sekaligus membuat lubang biopori di halaman sekolah MAN 1 Bandung.

Emil optimistis dalam satu bulan  satu juta biopori dapat terealisasi. "Logikanya di Kota Bandung ada  9.600-an RT dan setiap RT membuat 120 lubang biopori maka, kurang lebih angka satu juta tersebut dapat tercapai," ujar Emil.

Menurut Emil, apabila setiap RT ada 40 KK atau rumah, maka di setiap rumah, dengan membuat 3 lubang bipori jumlah 120-an biopori dapat tercapai di setiap RT nya.

Untuk membuat 120 lubang biopori di setiap RT,  Emil akan berkoordinasi  dengan aparat kewilayahan. "Pembuatan biopori sebagai bentuk kepedulian warga masyarakat untuk mengurangi banjir dan menabung air," ujar Emil.

Emil mengatakan, biopori  berfungsi untuk mengurangi banjir dan menabung air tanah sehingga cadangan air bertambah maka krisis air tanah dapat dibantu.

Emill mengatakan. pembuatan lubang biopori ini bisa dilakukan secara massal, maka dalam hitungan minggu maka gerakan satu juta bipori dapat tercapai.

"Dana pembutan biopori dari dana CSR BUMN tidak menggunakan dana APBD.  Biaya pembuatan lubang biopori ini tidak terlalu mahal, sekitar 100 sampai 125 ribu per lubangnya," ujar Emil. (tsm)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved