Breaking News:

Sebastian Vettel Juara GP Abu Dhabi

Sebastian Vettel yang memulai balapan di belakang Mark Webber akhirnya mampu memenangi GP Abu Dhabi di Yas Marina

Editor: Kisdiantoro

YAS MARINA, TRIBUN - Sebastian Vettel yang memulai balapan di belakang Mark Webber akhirnya mampu memenangi GP Abu Dhabi di Yas Marina, Abu Dhabi, Minggu (3/11/2013). Bahkan pemegang titel juara dunia 2013 tersebut masih mendominasi dan jauh meninggalkan pebalap lain hingga finish.

Begitu start Vettel tak mau menyia-nyiakan momen dan langsung berada tepat di sebelah rekan setimnya di pole position, Mark Webber. Saat masuk tikungan pertama pebalap asal Jerman tersebut langsung memimpin perlombaan. Nico Rosberg dari Mercedes juga ikut mengambil keuntungan di tikungan pertama dan berhasil menguntit Vettel di posisi kedua. Sedangkan Webber melorot ketiga.

Nasib sial dialami Raikkonen yang start dari urutan belakang karena diskualifikasi akibat masalah dek usai kualifikasi. Jelang tikungan kedua, ban depan kanan menyentuh ban pebalap Caterham yang berujung kerusakan. Kejadian tersebut memaksa dirinya berhenti di pinggir lintasan dan tidak bisa melanjutkan perlombaan.

Dominasi Vettel semakin terlihat dan melenggang sendiri di depan. Bahkan setelah melakukan pit stop di lap 15, dirinya tetap berada di depan Massa yang berusaha mendekat dan belum melakukan penggantian ban. Perbedaan waktu antara keduanya ketika Vettel keluar pit mencapai 10 detik lebih. Posisi tersebut tidak bertahan lama, karena pada lap 19 pebalap Ferrari tersebut harus masuk pit dan posisi menjadi ketujuh.

Strategi pit yang baik oleh tim Red Bull Racing membuat Webber berada di posisi kedua, di depan Rosberg, saat semua pebalap melakukan pit stop. Kendati demikian hingga lap ke-27 jarak dengan Vettel yang memimpin perlombaan sangat jauh sekitar 28 detik lebih.

Seru
Persaingan antar pebalap cukup seru terjadi untuk menempati posisi kelima sejak lap 25. Ada 5 pebalap aksi saling susul, antara lain Massa, Hamilton, Alonso, di Resta dan Hulkenberg. Kelima pebalap tersebut kerap berganti-ganti posisi dan memperlihatkan persaingan yang seru. Hamilton yang merasa mobilnya selalu understeer tetap berjibaku untuk mempertahankan posisinya. Alhasil di lap ke-31 Massa berhasil menjadi yang tercepat diantara kelima pebalap tersebut. Sementara Hamilton harus puas di posisi kesembilan.

Lap 38 Vettel masuk pit untuk kembali mengganti ban, sementara Webber dan Rosberg sudah melakukan lebih dulu di lap 24. Kendati demikian posisi 3 besar tidak berubah. Grosjean yang juga masuk pit di lap yang sama dengan Vettel, saat keluar nyaris disusul oleh duo Ferrari yang sedang berebut posisi. Beruntung posisinya masih tetap aman meski ditempel ketat oleh Massa dan Alonso. Posisi kelima harus diserahkan ke Alonso karena tim menyuruh Massa untuk melakukan pit stop di lap 40.

Investigasi
Alonso akshirnya masuk pit di lap ke-46 dan saat keluar mobilnya nyaris bertabrakan dengan Vergne saat keluar pit. Saat itu Vergne tidak melihat posisi Alonso yang masuk di sisi luar dan memaksa pebalap Ferrari tersebut sedikit di luar lintasan. Namun sebelum masuk tikungan Alonso berhasil menyusul Vergne karena ditunjang dengan ban yang masih segar.

Bekal tersebut pula yang digunakan Alonso untuk mengejar Hamilton yang bertengger di posisi keenam. Di lap 51 akhirnya Alonso berhasil menyusul Hamilton. Target berikutnya adalah di Resta dan berhasil disusul pada lap 52 dan akhirnya posisi kelima berhasil diraih kembali. Namun posisi tersebut dibayang-bayangi investigasi oleh pengawas perlombaan dengan tuduhan kecepatan yang tidak sesuai di pit area, keputusan akan diambil setelah balapan selesai. Posisi tersebut bertahan hingga bendera finish dikibarkan. Vettel kembali melakukan aksi "donat" saat melintasi tikungan sebelum masuk podium. (Autosport/ espnF1/kompas.com)

Hasil Perlombaan
1. Sebastian Vettel GER Red Bull
2. Mark Webber AUS Red Bull
3. Nico Rosberg GER Mercedes
4. Romain Grosjean FRA Lotus
5. Fernando Alonso ESP Ferrari
6. Paul di Resta GBR Force India
7. Lewis Hamilton GBR Mercedes
8. Felippe Massa BRA Ferrari
9. Sergio Perez MEX McLaren
10. Adrian Sutil GER Force India
11. Pastor Maldonado VEN Williams
12. Jenson Button GBR McLaren
13. Esteban Gutiérrez MEX Sauber
14. Nico Hülkenberg GER Sauber
15. Valtteri Bottas FIN Williams
16. Daniel Ricciardo AUS Toro Rosso
17. Jean-Eric Vergne FRA Toro Rosso 18. Giedo van der Garde NED Caterham
19. Charles Pic FRA Caterham
20. Jules Bianchi FRA Marussia
21. Max Chilton GBR Marussia

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved