Breaking News:

Kampung Adat Banceuy Bersiap Sambut Tahun Baru Islam

Masyarakat kampung adat Banceuy di Desa Sanca Kecamatan Ciater Kabupaten Subang hari ini disibukan dengan aktifitas gotong royong yakni

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Darajat Arianto

SUBANG,TRIBUN - Masyarakat kampung adat Banceuy di Desa Sanca Kecamatan Ciater Kabupaten Subang hari ini disibukan dengan aktifitas gotong royong yakni menyiapkan acara Ruwatan Bumi yang digelar, Rabu (30/10).

"Hari ini kami menyiapkan segala sesuatunya untuk acara besok. Menyembelih kerbau yang nanti dibagikan ke warga dan ibu-ibunya memasak," kata juru kunci kampung adat Banceuy, Karman (53) kepada Tribun, Selasa (29/10).

Ia mengatakan, agenda ruwatan bumi ini diselenggarakan setiap setahun sekali, dalam rangka menyambut tahun baru Islam, 1 Muharam yang akan jatuh pekan depan.

"Namun utamanya, acara ini sebagai rasa syukur kami atas hasil bumi yang memberi sumber penghidupan bagi kami, yang umumnya bermata pencaharian sebagai petani," ujarnya.

Menyambut upacara adat tersebut, kata Karman, malam ini akan digelar berbagai kesenian Sunda. "Acaranya besok, tapi malam ini acara kesenian akan berlangsung hingga malam. Ada kesenian gembyung, tarawangsa hingga celempungan," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved