Breaking News:

Sepulang dari Jeddah, Balita Diduga Terserang Virus Korona

Seorang anak lelaki berusia empat tahun yang baru pulang dari Jeddah diduga menderita penyakit gangguan pernafasan akut terkait virus Korona.


HONGKONG, TRIBUN - Pusat Perlindungan Kesehatan Departemen Kesehatan Hong Kong (CHP) mengatakan seorang anak lelaki berusia empat tahun yang baru pulang dari Jeddah diduga menderita penyakit gangguan pernafasan akut terkait virus Korona.

Dalam pernyataan pers hari ini, CHP mengatakan balita itu dirawat di Rumah Sakit Ruttonjee, Minggu (7/10) setelah mengalami demam, batuk dan muntah-muntah.

Awalnya ia dirawat di unit gawat darurat Ruttonjee, tetapi kini telah dipindahkan ke RS Queen Mary untuk perawatan terisolir. Kondisinya saat ini dilaporkan stabil.

"Spesimen pernapasan telah diambil dari pasien itu dan hasilnya masih diproses," kata pernyataan tersebut.

Penyelidikan CHP menemukan bahwa anak lelaki itu bepergian dengan ayahnya dari Arab Saudi ke Hong Kong pada 3 Oktober. Ayahnya menderita demam selama dua hari tetapi ia telah sembuh.

"CHP berkoordinasi erat dengan Otoritas Rumah Sakit untuk memantau situasi," kata seorang juru bicara CHP.

"Virus baru yang masih satu keluarga dengan virus Sars (Sindrom pernafasan akut parah) ini tampaknya tidak mudah menyebar," kata para pakar di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Seorang lelaki asal Qatar yang mengidap virus ini masih dirawat di London. Orang pertama yang diketahui tertular virus ini meninggal dunia di Arab Saudi.
Akhir bulan lalu, WHO mengatakan virus baru itu diyakini "tidak mudah menular antar manusia." Namun kedua pasien yang diketahui tertular virus ini mengalami gagal ginjal.

WHO mengatakan akan terus memantau situasi tetapi tidak merekomendasikan larangan bepergian ke Arab Saudi atau Qatar.
Organisasi itu juga bekerja sama dengan pemerintah Arab Saudi mengingat jutaan orang saat ini berkumpul di Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. (bbc)

Editor: swo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved