Festival Wayang Jabar Digelar di STSI

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar akan menggelar festival wayang Jabar di Gedung Sunan Ambu STSI Bandung, 12-13 Juni 2012.

BANDUNG, TRIBUN - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar akan menggelar festival wayang Jabar di Gedung Sunan Ambu Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung pada 12-13 Juni 2012. Pergelaran yang bernama West Java Wayang Festival 2012 itu menampilkan 8 pergelaran wayang.

Kedelapan wayang itu adalah Wayang Cepak (Kota Cirebon), Wayang Kulit (Indramayu), Wayang Babad (Kabupaten Cirebon), Wayang Catur (Kabupaten Bandung), Wayang Keroncong (Kota Bandung), Wayang Kulit Bekasi (Kabupaten Bekasi), Wayang Bambu (Kota Bogor), dan Wayang Dalang Rampak (SMK 10 Bandung).  

Selain pagelaran wayang, akan ditampilkan juga pameran wayang, demo pembuatan wayang, diskusi wayang, dan pertunjukan musik tradisi.

Wayang-wayang yang akan dipamerkan terdiri dari Wayang Golek Sunda, Wayang Cepak Cirebon, Wayang Babad, Wayang Kulit Cirebon, Wayang Kulit Indramayu, Wayang Bambu Bogor, Wayang Kulit Bekasi, Wayang Kulit Gaya Yogyakarta, Wayang Kulit Bali, Wayang Kulit Gaya Surakarta, Wayang Kontemporer, Buku dan Komik Wayang, Topeng Wayang, Lukisan Wayang dan cenderamata.

Sedangkan untuk demo pembuatan wayang akan menampilkan Wayang Rumput, Wayang Bambu, Wayang Kulit, Wayang Golek dan Topeng Wayang.

Sementara untuk diskusi wayang akan membahas tentang Wayang Bambu dengan pembicara Ki Drajat, Wayang Babad oleh Dede Wahidin, dan  Wayang Keroncong oleh Asep Budiman. (ddh)

Penulis: Dedy Herdiana
Editor: nip
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved