Supaya Mendunia, STP Ingin ada Database Masakan Indonesia

Ketua STP Bandung, mengatakan, STP Bandung dikenal dalam tata boga Eropa. Namun STP Bandung punya cita-cita memajukan seni kuliner nusantara

BANDUNG, TRIBUN - Ketua STP Bandung, Noviendi Makalam mengatakan, STP Bandung dikenal dalam tata boga Eropa. Namun STP Bandung punya cita-cita memajukan seni kuliner nusantara. "Karena itu kami belajar terus dengan seni kuliner Jepang yang merupakan seni kuliner asal Asia tapi sudah mendunia," ujarnya.

Kerjasama dengan Ajinomoto, kata dia, sangat penting. Terlebih, STP Bandung bersama dengan Indonesian Chef Associations tengah mengkaji seni kuliner nusantara.

"Kami meminta Ajinomoto mendatangkan pakar di makanan Jepang agar kami menemukan inti masakan Jepang. Kami ingin bagaimana umami diterapkan di masakan Indonesia. Kami ingin menemukan database masakan Indonesia, sehingga bisa setara dengan masakan dunia," kata Noviendi seusai kerjasama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung dengan PT Ajinomoto Indonesia, Jumat (11/1) malam.

Chef Nonaga menyebutkan, ada beberapa tips agar masakan bisa menghasilkan rasa umami yang sempurna. Di antaranya adalah padu padan bahan baku, cara memasak, dan bumbu yang digunakan. Dia juga mengingatkan bahwa makanan tak sekadar menghasilkan rasa umami sempurna, tapi juga harus menyehatkan.

"Kalian tahu bahwa orang Jepang itu punya umur panjang. Kenapa? Rahasianya ada di makanan. Makanya banyak chef dunia yang mempelajari makanan Jepang," ujar Nonaga. (*)

Penulis: roh
Editor: Darajat Arianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved