Baznas Kota Tasikmalaya Tentukan Besaran Bayaran Zakat Fitrah Rp 30 Ribu per Orang

Baznas Kota Tasikmalaya sudah menentukan besaran pembayaran zakat Fitrah maupun fidyah jika dikonversi ke rupiah pada Ramadan 2019 ini.

Baznas Kota Tasikmalaya Tentukan Besaran Bayaran Zakat Fitrah Rp 30 Ribu per Orang
nu.or.id
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) Kota Tasikmalaya sudah menentukan besaran pembayaran zakat Fitrah maupun fidyah jika dikonversi ke rupiah pada Ramadan 2019 ini.

Ketua Baznas Kota Tasikmalaya, Wawan Nawawi mengatakan zakat fitrah yang 2,5 kilogram beras itu jika dibayar dengan rupiah maka sebesar Rp 30 ribu.

"Itu kami tentukan berdasar pada harga eceran beras yang kami survey di bulan Ramadan ini," kata Wawan Nawawi melalui sambungan telepon, Jumat (17/5/2019) Siang.

Dia menyebut potensi zakat fitrah di Kota Tasikmalaya sebesar Rp 18 Miliar.

"Angka itu dilihat dari jumlah penduduk muslim Kota Tasikmalaya yang hampir sekitar 600 ribu," sebutnya.

Zakat Fitrah di Kota Bandung Jika Dikonversi Uang, Segini Besarnya Berdasarkan Surat Edaran Baznas

Penyerahan zakat fitrah bagi warga Kota Tasikmalaya bisa langsung diserahkan melalui unit pengumpul zakat (UPZ) yang ada di dewan mesjid terdekat.

"Jadi tidak perlu diserahkan ke kelurahan atau ke kecamatan. Serahkan ke DKM disana ada UPZ yang merupakan kepanjangan dari Baznas," jelasnya.

Wawan mengimbau agar penyerahan zakat fitrah melalui UPZ dilakukan demi untuk zakat fitrah yang diberikan para muzakki (wajib zakat) tepat sasaran kepada mustahik (orang berhak mendapat zakat).

"Penyerahan zakat fitrah aturannya dilakukan sebelum pelaksanaan salat Ied nanti, jadi sehari sebelum atau pas malam takbir zakat itu diberikan pada para mustahik," tambahnya.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved