Angkasa Pura II Kucurkan Dana Rp 625 Miliar ke Bandara Kertajati

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan PT Angkasa Pura II sebagai operator Bandara Kertajati

Angkasa Pura II Kucurkan Dana Rp 625 Miliar ke Bandara Kertajati
Tribun Jabar/ Ahmad Imam Baehaqi
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan PT Angkasa Pura II sebagai operator Bandara Kertajati akan memberikan suntikan dana Rp 625 miliar untuk bandara di Kabupaten Majalengka tersebut dan dikonversi menjadi saham 25 persen dari saham keseluruhan bandara.

Menurut Ridwan Kamil, hal itu dibahas dalam rapat terkait BIJB Kertajati di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Hadir dalam rapat tersebut Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Sudah disepakati di rapat, BIJB (Bandarudara Internasional Jawa Barat) akan disuntikkan dana 25 persen saham dari Angkasa Pura II, akan dicicil selama tiga tahun. Sehingga akan buat cashflow BIJB berlangsung lancar," kata Gubernur yang akrab disapa Emil ini di Gedung Sate, Jumat (17/5/2019).

Emil mengatakan ada sisa saham 11 persen di BIJB, senilai sekitar Rp 200 miliar, dan sudah diminati investor dan diperkirakan 11 persen saham tersebut dibeli Agustus 2019. Dengan demikian, kata Emil, operasional dan pembayaran utang atas pembangunan Bandara Kertajati bisa tertutupi.

Dalam rapat tersebut, kata Emil, disepakati juga 17 kloter jamaah haji asal Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka, akan menggunakan Bandara Kertajati sebagai bandara keberangkatan dan kedatangannya.

Prediksi Line Up Persib Bandung vs Persipura di Liga 1 2019, Debut Artur Gevorkyan dan Rene Mihelic

"Sedang dibanding-bandingkan embarkasinya, sementara hotel antara di Cirebon atau Majalengka, mana yang memadai," katanya.

Emil mengatakan ada tiga upaya yang dilakukan pemerintah untuk memperkuat Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka. Selain penerbangan haji dan umrah, dan pemindahan 12 rute penerbangan luar Jawa-Bali dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati, Gubernur juga mengungkapkan bahwa Bandara Kertajati akan mendapat penyertaan modal dari PT Angkasa Pura II.

Ridwan Kamil Lantik Sunjaya sebagai Bupati Cirebon, Setelah Dilantik Dikembalikan ke Rutan Kebonwaru

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved