Selama Bulan Ramadan Jumlah PKL di Kota Cimahi Naik 50 Persen, Dua Jalan Ini Makin Padat

Selama bulan Ramadan terutama menjelang Idulfitri, jumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Cimahi

Selama Bulan Ramadan Jumlah PKL di Kota Cimahi Naik 50 Persen, Dua Jalan Ini Makin Padat
TRIBUN JABAR/DEDY HERDIANA
Ilustrasi, Satpol PP Kota Cimahi dibantu jajaran Polri dan TNI menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Cimindi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Selama bulan Ramadan terutama menjelang Idulfitri, jumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Cimahi diprediksi bakal mengalami peningkatan terutama di pusat keramaian, seperti Cimindi dan Jalan Gandawijaya.

Peningkatan jumlah PKL itu terbilang wajar dan kerap terjadi setiap tahun karena saat bulan ramadhan dan jelang lebaran selalu dijadikan momen bagi pedagang untuk mengais rezeki lebih.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Kasatpol PP) Kota Cimahi, Totong Solehudin mengatakan, peningkatan PKL saat Ramadan dan jelang lebaran tahun diperkirakan akan mencapai 50 persen.

"Peningkatan jumlah PKL itu bisa sampai dua kali lipat, atau sampai 50 persen. Kebanyakan biasanya pedagang pribumi," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Kamis (16/5/2019).

Prediksi meningkatnya jumlah PKL itu sudah terlihat, dengan munculnya pedagang musiman berbagai kebutuhan berbuka puasa di setiap tempat keramaian yang ada di Kota Cimahi.

"Seperti di sekitar Pemkot Cimahi, sudah banyak yang jual kolak dan sebagainya di bahu jalan. Kita imbau supaya berdagangnya lebih ke dalam," katanya.

Hairul Anas Suaidi, Pencipta Robot IT Pemantau Situng KPU Itu Ternyata Kerabat Mahfud MD

Sementara yang menjadi perhatian lebih bagi Satpol PP Kota Cimahi yakni para PKL yang kerap memanfaatkan trotoar sebagai lapak untuk berjualan, seperti di Jalan Gandawijaya.

Menurut Totong, pemandangan itu kerap terjadi saat dan menjelang Ramadan, padahal hal itu sudah dilarang karena aturannya sudah ada dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi.

"PKL di Gandawijaya itu memang menjadi perhatian kita, karena selalu menganggu perjalanan, jadi penyebab kemacetan," kata Totong.

Buka Bersama 10 Ribu Anak Yatim, GO-FOOD Festival Ajak Merchant dan Masyarakat #CariKebaikan

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved