VIDEO Berbagai Upaya Dilakukan Tim SAR Gabungan Saat Pencarian Korban Tenggelam

Speed boat akan diputar-putar seolah-olah seperti mencampurkan (bland /mix) air sehingga benda yang ada di dalam air bisa terangkat ke permukaan.

Dede Ruhiyat (24) dinyatakan tenggelam pada Senin (13/5/2019) sekira pukul 20.00 WIB di kolam Masjid Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung.

Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Selasa (14/5/2019) sekira pukul 16.00 WIB. Pencarian dilakukan menghabiskan waktu lebih dari 12 jam.

Berbagai upaya dilakukan oleh Tim SAR gabungan untuk mencari korban tenggelam tersebut. Berikut beberapa cara yang dilakukan :

1. Teknik Menyelam, sejumlah tim SAR gabungan melakukan penyelaman yang dibagi menjadi beberapa tim. Penyelaman dilakukan menggunakan alat selam yang lengkap. Kendalanya ialah, visual di dalam air sangat gelap.

2. Menggunakan alat Fish Finder, yaitu alat yg berfungsi untuk mengetahui kondisi di dalam air, berapa kedalaman dan lainnya.

3. Membuka pintu air untuk mengurangi debit air kolam. Setelah dibuka hampir dua jam, air surut sekira dua meter.

4. Memasang jaring di pintu air yang dibuka. Tujuannya, untuk mengantisipasi korban terbawa arus.

5. Melakukan pencarian di permukaan menggunakan perahu karet dan speed boat.

6. Menggunakan teknik "Eight", yaitu Basarnas dan Tim SAR lainnya khususnya perahu yang menggunakan mesin, mengelilingi satu titik dengan kecepatan dan kemiringan tertentu. Joshua Banjarnahor, selaku Humas Basarnas Jawa Barat mengatakan bahwa teknik tersebut sudah beberapa kali dilakukan oleh tim SAR jika ada orang tenggelam dan berhasil menemukan korban.

Speed boat akan diputar-putar seolah-olah seperti mencampurkan (bland /mix) air sehingga benda yang ada di dalam air bisa terangkat ke permukaan.

Pencarian dilakukan oleh Basarnas, TNI, Polri, Diskar PB Kota Bandung, PMI, dan potensi SAR lainnya. Dede Ruhiyat diketahui tenggelam sekira pukul 20.00 WIB pada Senin (13/5/2019). Informaai yang diperoleh dari Basarnas bahwa Korban berenang dan kelelahan sehingga mengakibatkan tenggelam.

Video dan artikel lainnya klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=GHp5XGCGIgw&feature=youtu.be
Penulis: Fasko Dehotman
Editor: -
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved