Cianjur Tak Punya Ahli Timbang dan Takaran, Ini Langkah yang Dilakukan Disperindag

Ia mengatakan, biasanya operasi timbangan dan takaran dilakukan bersama dengan Badan Metrologi dari Provinsi Jawa Barat.

Cianjur Tak Punya Ahli Timbang dan Takaran, Ini Langkah yang Dilakukan Disperindag
TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
Ilustrasi: Pedagang ayam potong, menimbang dagangannya di Pasar Cihaurgeulis, Jalan Surapati, Kota Bandung, Senin (24/8/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pasar Kabupaten Cianjur, Himam Haris, mengatakan saat ini pihaknya tak mempunyai ahli petugas pemeriksa timbangan dan takaran.

Satu-satunya ahli timbangan yang biasa bertugas sudah meninggal dunia pada akhir tahun lalu.

"Jadi rencananya kami mau mendidik dua orang untuk petugas pemeriksa takar timbang masa volume, mereka akan kami kirim ke Direktorat Metrologi untuk petugas tera," kata Himam Haris ditemui di kantor Disperindag, Jalan Ariawiratanudatar, Rabu (15/5/2019).

Ia mengatakan, biasanya operasi timbangan dan takaran dilakukan bersama dengan Badan Metrologi dari Provinsi Jawa Barat.

Kisah ASN Pemkab Cianjur Menghafal 30 Juz Alquran, Menepis Godaan Ibu Kota Saat Kuliah

Menyoal tindakan untuk menstabilkan harga pihaknya telah merencanakan beberapa cara satu di antaranya melakukan kunjungan ke beberapa pasar pada pertengahan bulan dan akhir bulan.

Cara yang kedua adalah dengan melakukan operasi pasar murah ramadan di beberapa kecamatan.

Ia mengatakan sepekan pertama Ramadan harga bawang putih beranjak naik hingga Rp 60 ribu. Untuk harga sembako lainnya cenderung normal tiga hari setelah awal puasa.

"Awal pekan ramadan untuk sementara harga bahan pokok relatif normal, hasil evaluasi harga bergerak naik tiga hari setelah munggahan hingga hari pertama puasa," kata Himam.

Antisipasi Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2019, Polres Cianjur Lakukan Ini

Ia mengatakan untuk operasi pasar murah akan dilakukan pada 21-28 Mei di Kecamatan Sukaresmi, Cugenang, Karangtengah, fan Haurwangi.

"Teknisnya nanti ada kupon kepada keluarga dan yang mengatur pihak desa," kata Himam. (fam)

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved