Tak Anak Didik, Para Orangtua Siswa di Sekolah Ini Ikut Pesantren Kilat

ICMI Orda Purwakarta mengadakan pesantren kilat khusus orangtua siswa SDIT dan SMPIT Cendekia sejak Senin (14/5/2019) hingga Kamis (17/5/2019).

Tak Anak Didik, Para Orangtua Siswa di Sekolah Ini Ikut Pesantren Kilat
Tribun Jabar/Haryanto
Para orangtua siswa SDIT dan SMPIT Cendekia saat mengikuti Pesantren Kilat di sekolah milik Yayasan Yasri, Jalan Veteran, Nagri Kaler, Purwakarta 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Purwakarta mengadakan Pesantren Kilat khusus orangtua siswa SDIT dan SMPIT Cendekia sejak Senin (14/5/2019) hingga Kamis (17/5/2019).

Pesantren kilat yang dilakukan di sekolah milik Yayasan Yasri, Jalan Veteran, Nagri Kaler, Purwakarta itu hasil kerjasama dengan Forum Silaturahmi Orangtua SDIT dan SMPIT Cendekia (Forsita).

Ketua ICMI Orda Purwakarta, Agus Muharam mengatakan kegiatan pesantren untuk orangtua siswa itu adalah kali pertama yang digelar oleh ICMI dan Forsita.

"Alhamdulillah antusias para peserta, khususnya dari kalangan ibu-ibu, cukup luar biasa. Awal pendaftaran belum begitu nampak banyak, tapi pas hari-H pesertanya membeludak," kata Agus saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (14/5/2019).

Antisipasi Persebaran Hoaks, Polres Purwakarta Gelar FGD Undang Tokoh Agama dan Masyarakat

Mengangkat tema Pesantren Ramadan Bina Keluarga Sakinah, tercatat 90 orangtua siswa yang terbagi ke dalam beberapa kelas pada kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan pada tahun sebelumnya, pihaknya hanya menggelar pesantren kilat Ramadan hanya untuk para siswa SDIT dan SMPIT Cendekia.

Para orangtua siswa itu mengikuti pesantren di waktu yang berbarengan dengan para anak pesantren kilat.

"Jadi saat anak-anak mengikuti Pesantren Ramadan, pun halnya dengan orangtua siswanya. Kalau tahun sebelumnya hanya menunggu anaknya, tapi mulai tahun ini ikut mendapatkan ilmu agama," ucap dia.

Ia menjelaskan bahwa pada kegiatan keagamaan saat Ramadan itu, pemateri khusus orangtua siswa yang didominasi oleh ibu-ibu itu berasal dari ICMI.

Agus pun mengapresiasi kesediaan para anggota ICMI untuk membantunya membagikan ilmu agamanya pada pesantren kilat khusus orang tua itu.

Polres Purwakarta Kumpulkan Pengusaha yang Bersinggungan dengan Miras, Sosialisasi Sebelum Ops Pekat

Dia berharap pada kegiatan itu, para orangtua siswa bisa menyampaikan dan menerapkannya di lingkungan keluarga.

"Mudah-mudahan para peserta bisa menyerap setiap materi yang disampaikan, sehingga bermuara pada keluarga yang sakinah," ujarnya.

Ada pun materi yang disampaikan di antaranya, Pengelolaan Ekonomi dalam Keluarga, Hidup Nyaman Melalui Alquran dan Sunnah, Mendidik Anak melalui Suri Tauladan, Pengaruh Gadget serta Penggunaan di Keluarga.

Materi lainnya ialah Memotivasi Anak untuk Meraih Cita-cita melalui Minat dan Bakat, Menumbuhkan Keharmonisan dalam Keluarga, dan Pengaruh IQ, EQ, SQ Terhadap Kesuksesan Manusia.

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved