Kisah Penghafal Alquran

Cerita Istri Mang Oded Mendidik 7 Anaknya Hafiz Alquran, Kuncinya Hanya Dua, Sabar dan Penuh Kasih

Tak banyak yang tahu bahwa ketujuh putri Wali Kota Bandung, Oded M Danial, ternyata penghafal Alquran.

Cerita Istri Mang Oded Mendidik 7 Anaknya Hafiz Alquran, Kuncinya Hanya Dua, Sabar dan Penuh Kasih
Tribunjabar.id/Tiah SM
Keluarga Wali Kota Bandung Oded M Danial atau Mang Oded hampir setiap hari setelah Magrib dan Subuh membaca Alquran. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tak banyak yang tahu bahwa ketujuh putri Wali Kota Bandung, Oded M Danial, ternyata penghafal Alquran. Selain ketujuh putrinya, keempat menantu Mang Oded juga hafiz Alquran.

Berikut penuturan Siti Muntamah, istri Mang Oded, tentang bagaimana ia dan suaminya mendidik ketujuh putri mereka.

Ditemui di Pendopo Kota Bandung, Siti Muntamah bercerita, bukan hal mudah mendidik tujuh putri agar menjadi hafizah. Selain butuh kesabaran, mengajarkannya harus dengan kasih sayang karena kadang ada malasnya.

Umi, panggilan akrab Siti Muntamah, mengatakan, agar bisa tumbuh menjadi penghafal Alquran, anak-anak harus sudah mulai diperkenalkan dengan Alquran sejak masih di dalam rahim. Pada seribu hari pertama sejak kelahirannya, anak-anak juga harus benar-benar dijaga supaya tidak terkontaminasi oleh hal-hal yang merusak.

"Peran orang tua sebagai pelukis pertama utama untuk anak-anaknya itu tak tergantikan. Arahan-arahannya harus benar-benar menggambarkan kecintaan kepada Alquran," ujar Umi, Senin (6/5).

Mesin Cetak Alquran Braille Tertua di Dunia Ada di Kota Bandung, Begini Kisahnya hingga Sekarang

Umi mengatakan, meski semua putrinya penghafal Alquran, belum semuanya hafal 30 juz. Putri pertama, Nurul Syifa, punya hafalan enam juz.

Suaminya, Dwi Nur Afandi, juga penghafal Alquran. Mereka sudah dikaruniai tiga anak.

Putri kedua mereka, Zulfa Anida Dinillah, juga belum hafal 30 juz. Zulfa sudah menikah dengan Fahmi Ali Hudzaifi Fahmi, sarjana strata dua lulusan Universitas Islam di Malaysia.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial bersama Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, dan Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna memberikan apresiasi uang kadedeuh bagi para kafilah berprestasi dalam ajang STQH XVI/2019 tingkat Jawa Barat di Masjid Al-Ukhuwah, Bandung, Rabu (8/5/2019).
Wali Kota Bandung, Oded M Danial bersama Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, dan Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna memberikan apresiasi uang kadedeuh bagi para kafilah berprestasi dalam ajang STQH XVI/2019 tingkat Jawa Barat di Masjid Al-Ukhuwah, Bandung, Rabu (8/5/2019). (Tribun Jabar/Cipta Permana)

"Insya Allah anak-menantu punya hafalan Alquran," kata Umi.

Halaman
123
Penulis: Tiah SM
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved