Ini Penyebab Dibangunnya Dua Gerbang Tol Baru Pengganti GT Cikarang Utama

Peralihan Gerbang Tol Cikarang Utama (GT Cikarut), Bekasi ke dua ruas tol di Cipularang dan Cipali bertujuan untuk

Ini Penyebab Dibangunnya Dua Gerbang Tol Baru Pengganti GT Cikarang Utama
tribunjabar/haryanto
Proyek gerbang tol Cikampek Utama di Ruas Tol Cipali, Purwakarta 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Peralihan Gerbang Tol Cikarang Utama (GT Cikarut), Bekasi ke dua ruas tol di Cipularang dan Cipali bertujuan untuk mengurangi kemacetan di gerbang utama menuju Jakarta tersebut.

Hal itu ditegaskan pula oleh General Superintendent Jasa Marga Toll Road Maintainance, Otto Yahya Permana saat ditemui di sekitar proyek gerbang tol Cikampek Utama, Cipali, Purwakarta, Kamis (9/5/2019).

"Untuk menghindari beban Cikarang utama yang sudah sangat padat dan sering menimbulkan kemacetan yang cukup berat," kata Otto saat ditemui disela kesibukannya.

Oleh karena itu pada arus mudik lebaran 2019, para pemudik yang menggunakan jalur tol dari arah Jakarta tidak akan lagi melakukan transaksi di GT Cikarut.

Hal itu disebabkan dengan berpindahnya gerbang tol utama yang bersifat terintegrasi di dua ruas tol Cipali dan Cipularang.

Petugas Pemilu yang Meninggal akan Diberi Santunan Rp 38 Juta Per Orang, di Jabar Ada 132 Orang

Kedua gerbang itu tepatnya berada di Ruas Tol Cipali KM 70 dan Ruas Tol Cipularang KM 67, yang kini pembangunan masih berlangsung.

Di dua gerbang tol utama tersebut, Otto menyebut akan ada 30-an gerbang tol untuk bertransaksi.

"Di gerbang tol utama ada 14 dan yang gerbang satelit ada 16, jadi total ada 30 gerbang tol di dua jalur tol itu," ujar dia.

Dari jumlah tersebut, masing-masing gerbang tol utama mendapat tujuh gerbang yang bersifat reverseable atau bisa difungsikan dari kedua arah.

Serta ada delapan gerbang tol di setiap gerbang tol di dua ruas tol yang bersifat gerbang satelit atau gerbang tambahan.

Sirup Daun Pandan Khas Cirebon Ada Sejak 1980, Aromanya Khas Tapi Banyak Warga Belum Mengenalnya

Meski seluruh gerbang tol kini belum bisa digunakan dan masih dalam proses pembangunan, Otto meyakini pada arus mudik tahun ini masyarakat telah bisa menggunakannya.

"Kami akan fungsionalkan saat arus mudik tahun ini dengan harga yang terintegrasi. Sudah ada transaksi di sini dan yang di GT Cikarut akan dihapus," ucapnya.

Penulis: Haryanto
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved