Pemilu 2019

Ini Catatan Evaluasi Bawaslu Kabupaten Bandung untuk KPU agar Pemilu Selanjutnya Lebih Baik

Bawaslu Kabupaten Bandung menyampaikan catatan hasil pengawasan kepada KPU setempat sebagai bahan perbaikan pada pemilu selanjutnya

Ini Catatan Evaluasi Bawaslu Kabupaten Bandung untuk KPU agar Pemilu Selanjutnya Lebih Baik
KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung menyampaikan catatan hasil pengawasan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat sebagai bahan perbaikan pada perhelatan pesta demokrasi selanjutnya.

Terlebih, pada 2020 Kabupaten Bandung akan menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia mengatakan, proses rekapitulasi suara hasil perolehan Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Bandung telah dituntaskan pada Minggu (4/5/2019) malam.

Dengan demikian, pelaksanaan rekap di Kabupaten Bandung hampir memakan waktu sepekan lamanya.

"Bisa jadi, pelaksanaan rekap di Kabupaten Bandung ini menjadi yang terlama di Jawa Barat jika dibandingkan daerah lainnya. Hal ini karena dinamika yang terjadi dalam forum begitu hidup dan menjadi hal yang positif bagi penyelenggara pemilu karena semua pihak telah menyampaikan pendapatnya," kata Hedi saat dihubungi wartawan, Senin (5/5/2019).

Prabowo-Sandiaga Bahas Kecurangan Pemilu 2019 dalam Pertemuan Terbatas dengan Media Asing

Selanjutnya, proses rekap akan dilaksanakan di tingkat provinsi yang rencananya akan dimulai pada Rabu (8/5/2019). Dan puncaknya pada 22 Mei nanti, KPU RI akan membacakan hasil rekap secara nasional dengan demikian pemenang Pemilu 2019 secara resmi akan diketahui.

Dijelaskan Hedi, sejak hari pertama rekap pada 29 April lalu, hampir semua yang disampaikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mendapatkan koreksi dari Bawaslu dan saksi peserta pemilu.

"Hal ini lantaran adanya ketidaksesuaian dalam penyajian data pemilih dan pengguna hak pilih baik DPT, DPTb dan Daftar Pemilih Khusus (DPK)," ujarnya.

Meski demikian, kesalahan dalam penyampaian data pemilih tersebut sama sekali tidak mempengaruhi atau merubah perolehan suara peserta pemilu atau calon legislatif maupun suara partainya.

Bawaslu Kabupaten Cirebon Sedang Proses Dugaan Pelanggaran Pemilu Terkait Money Politic

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved