VIDEO Warga Ramai Bersihkan Makam Keluarga di TPU Gajah Jatinangor

Dimulai saat matahari terbit dari arah timur, warga yang berduyun-duyun datang ke TPU Gajah ini, membawa sejumlah perkakas, mulai dari cangkul, golok,

MENJELANG bulan ramadan, warga Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gajah yang berada di Jalan Kolonel Ahmad Syam, Desa Cikeruh.

Dimulai saat matahari terbit dari arah timur, warga yang berduyun-duyun datang ke TPU Gajah ini, membawa sejumlah perkakas, mulai dari cangkul, golok, sapu lidi, hingga arit.

Sejumlah alat yang dibawa oleh warga secara masing-masing tersebut, digunakan untuk membersihkan pusara dan area sekitar TPU Gajah dari tumbuhan liar, agar dapat kembali bersih.

Pantauan Tribun Jabar, Minggu (5/5/2019) di TPU Gajah, warga yang baru saja tiba itu, langsung menuju makam keluarganya masing-masing dan mulai membersihkan pusara dari rumput-rumput liar.

Setelah makam itu berhasil dibersihkan, kemudian warga pun mengumpulkan semua rumput-rumput liar itu di satu titik, kemudian dibakar, agar tidak menumpuk dan mengotori kembali TPU Gajah.

Tidak hanya membersihkan makam keluarga masing-masing, warga yang lain pun turut membantu membersihkan makam keluarga lainnya. Bahkan beberapa di antaranya juga membantu merenovasi makam.

Warga Kecamatan Jatinangor, Ujang (50), mengatakan, kegiatan membersihkan makam ini biasa dilakukan oleh ia bersama warga lainnya menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Setiap tahun, bersama anak dan istri. Di situ juga sekalian silaturahmi dengan warga lainnya," kata Ujang di TPU Gajah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Minggu (5/5/2019).

Video dan artikel lainnya klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=F9UiW-Y5Ha8&feature=youtu.be
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved