Jelang Ramadhan, Warga Ramai Bersihkan Makan Keluarga di TPU Gajah Jatinangor

Dimulai saat matahari terbit dari arah timur, warga yang berduyun-duyun datang ke TPU Gajah ini, membawa sejumlah perkakas, mulai dari cangkul, golok,

Jelang Ramadhan, Warga Ramai Bersihkan Makan Keluarga di TPU Gajah Jatinangor
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Menjelang bulan ramadan, warga Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gajah yang berada di Jalan Kolonel Ahmad Syam, Desa Cikeruh. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Menjelang bulan ramadan, warga Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gajah yang berada di Jalan Kolonel Ahmad Syam, Desa Cikeruh.

Dimulai saat matahari terbit dari arah timur, warga yang berduyun-duyun datang ke TPU Gajah ini, membawa sejumlah perkakas, mulai dari cangkul, golok, sapu lidi, hingga arit.

Sejumlah alat yang dibawa oleh warga secara masing-masing tersebut, digunakan untuk membersihkan pusara dan area sekitar TPU Gajah dari tumbuhan liar, agar dapat kembali bersih.

Lokasi Melihat Hilal di Bandung & Kota Lainnya, Penentuan Awal Bulan Puasa Ramadhan di Sidang Isbat

Pantauan Tribun Jabar, Minggu (5/5/2019) di TPU Gajah, warga yang baru saja tiba itu, langsung menuju makam keluarganya masing-masing dan mulai membersihkan pusara dari rumput-rumput liar.

Setelah makam itu berhasil dibersihkan, kemudian warga pun mengumpulkan semua rumput-rumput liar itu di satu titik, kemudian dibakar, agar tidak menumpuk dan mengotori kembali TPU Gajah.

Tidak hanya membersihkan makam keluarga masing-masing, warga yang lain pun turut membantu membersihkan makam keluarga lainnya. Bahkan beberapa di antaranya juga membantu merenovasi makam.

Warga Kecamatan Jatinangor, Ujang (50), mengatakan, kegiatan membersihkan makam ini biasa dilakukan oleh ia bersama warga lainnya menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Setiap tahun, bersama anak dan istri. Di situ juga sekalian silaturahmi dengan warga lainnya," kata Ujang di TPU Gajah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Minggu (5/5/2019).

Menjelang bulan ramadan, warga Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gajah yang berada di Jalan Kolonel Ahmad Syam, Desa Cikeruh.
Menjelang bulan ramadan, warga Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gajah yang berada di Jalan Kolonel Ahmad Syam, Desa Cikeruh. (Tribun Jabar/Hakim Baihaqi)

Setelah makam sudah dalam kondisi bersih, kemudian warga pun bersimpuh di masing-masing makam keluarga dan terlihat melantukan kalimat doa secara bersama-sama.

Ujang menuturkan, kegiatan membersihkan dan ziarah ke makam ini adalah sebagai bentuk menghargai anggota keluarga yang telah meninggal dunia dan menjaga tradisi gotong royong.

"Supaya makam tetap bersih saja, jangan sampai rusak," katanya.

Modus Tawari Pekerjaan, Pria 48 Tahun Malah Perkosa dan Ancam Gadis 17 Tahun, Begini Kronologinya

Lagi-lagi Hakim Diciduk KPK Gara-gara Kasus Suap, Ditangkap Bersama Advokat dan Pengusaha

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved