Rapat Pleno di Cianjur Ricuh dan Diskorsing, Ini Kronologinya

. Alhasil proses penghitungan suara terpaksa diskorsing dan dilanjutkan pagi ini.

Rapat Pleno di Cianjur Ricuh dan Diskorsing, Ini Kronologinya
capture video
Screenshoot kericuhan saat rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu serentak tahun 2019, tingkat Kabupaten Cianjur di Hotel Yasmin, Cipanas, Jumat (3/5/2019) malam. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Kericuhan terjadi saat rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu serentak tahun 2019, tingkat Kabupaten Cianjur di Hotel Yasmin, Cipanas, Jumat (3/5/2019) malam

.Alhasil proses penghitungan suara terpaksa diskorsing dan dilanjutkan pagi ini.

Dalam video yang viral berdurasi 2 menit 33 detik di media sosial terdengar adu mulut sampai dengan semua orang yang ada di berdiri setengah berlari menghampir beberapa komisioner yang sedang berdebat.

Kericuhan teredam setelah beberapa orang diminta menahan diri dan beberapa orang ditarik keluar ruangan.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Cianjur Tatang Sumarna mengatakan kericuhan itu berawal saat proses penghitungan suara dari Kecamatan Sukanagara.

Saat itu ada perbedaan pandangan mekanisme penginputan data daftar pemilih khusus (DPK) antara PPK dengan KPU hingga terjadi diskusi yang lumayan panjang dan berujung memanas.

"Jumlah DPK untuk DPRD kabupaten lebih sedikit ketimbang DPRD provinsi, DPR-RI dan Pilpres," kata Tatang melalui sambungan telepon pagi ini.

Tatang mengatakan, kericuhan itu terjadi saat Bawaslu ingin memastikan proses input yang dipakai untuk DPK, baik itu daftar pemilih atau pengguna hak pilih yang dilakukan oleh PPK atau KPU.

"Saat saya perjelas konsep dari masing-masing itu, tiba-tiba forum dipotong oleh KPU, hingga saat itu terjadi perdebatan hingga berujung ricuh," ujarnya.

Menurutnya Bawaslu tetap merekomendasikan penghitungan suara dari TPS 15, Desa Sukanagara, Kecamatan Sukanagara.

"Harus diulang agar ada kejelasan," katanya.(fam)

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved