Longsor di Tasikmalaya

Dua Rumah Terkubur Longsor di Tasikmalaya, Nenek Runasih Ditemukan Tewas, Pencarian Sangat Sulit

Longsor mengakibatkan dua rumah di kampung tersebut yang berada di bawah tebing setinggi sekitar 200 meter tertimbun material longsoran.

Dua Rumah Terkubur Longsor di Tasikmalaya, Nenek Runasih Ditemukan Tewas, Pencarian Sangat Sulit
Istimewa
Evakuasi Rusinah (72) kotban longsor di Kampung Pasar Jantung, Desa dan Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (3/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Guyuran hujan deras mengakibatkan longsor di Kampung Pasar Jantung, Desa dan Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (3/5/2019) dini hari kemarin.

Longsor mengakibatkan dua rumah di kampung tersebut yang berada di bawah tebing setinggi sekitar 200 meter tertimbun material longsoran.

"Pemilik rumah adalah Oleh (54) dan Runasih (72), Oleh berhasil menyelamatkan anak dan istrinya. Sementara Runasih yang tinggal sendirian di rumah di dekatnya tak berhasil selamat," Kepala Bidang Kedaruratan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Ria Supriana, Sabtu (4/5/2019).

Dituturkan Ria, tim gabungan dari BPBD, Kepolisian dan TNI sempat beberapa jam mencari korban nenek renta tersebut di tumpukan material tanah longsor.

KISAH VIRAL, Ibu Muda Hamil Akan Melahirkan Ditandu 3 Km dan Terjebak Lumpur Material Longsor

Sampai akhirnya pada Jumat sore kemarin, jenazah korban ditemukan dan langsung dievakuasi untuk diserahkan kepada keluarganya.

"Kondisi di lokasi bencana sangat sulit, listrik mati, sinyal tak ada dan sempat kesulitan akses jalan mendatangkan alat berat. Tapi, tim gabungan akhirnya berhasil menemukan korban yang tertimbun atas nama Runasih (72)," jelasnya.

Dia mengimbau masyarakat tetap mewaspadai cuaca buruk yang masih mengintai kawasan Tasikmalaya dan sekitarnya.

6 Orang Tewas Akibat Longsor di Pesisir Barat Lampung, 4 Orang dari Satu Keluarga

Beberapa daerah rawaan longsor di Kabupaten Tasikmalaya, disebut Ria di antaranya Kecamatan Karangjaya, Salawu, Bojonggambir, Puspahiang, Cineam, Sodonghilir, Pageurageung, Salopa, Taraju, Karangnunggal, Cipatujah.

"Letak geografis di wilayahnya banyak berbukit dan tanah rawan longsor. Kami dari pemerintah telah mengimbau kepada seluruh warga di Kabupaten Tasikmalaya waspada bencana karena cuaca buruk," ujarnya.

30 Orang Meninggal di Bengkulu

Halaman
12
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved