Sejumlah Tempat Wisata di Purwakarta Tutup Saat Bulan Ramadan

Sejumlah tempat wisata di Purwakarta tutup saat bulan Ramadan, khususnya di siang hari.

Sejumlah Tempat Wisata di Purwakarta Tutup Saat Bulan Ramadan
TRIBUN JABAR
BERJUBEL - Warga berjubel menyaksikan Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta, Sabtu (18/2) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Selama bulan suci Ramadan, banyak destinasi wisata di Purwakarta yang tidak beroperasi seperti hari biasanya.

Hal ini dibenarkan oleh Kabid Pariwisata dan Kebudayaan Disporabudpar Purwakarta, Heri Anwar yang mendapat laporan dari sejumlah pengelola tempat wisata.

"Rata-rata destinasi wisata di Purwakarta tidak akan beroperasi, khususnya pada siang hari," kata Heri Anwar saat ditemui Tribun Jabar di kantor Disporabudpar Purwakarta, Sindangkasih, Purwakarta, Jumat (3/5/2019).

Meski tidak semua, Heri mengatakan beberapa tempat wisata akan buka hanya saat menjelang buka puasa hingga malam, terutama bagi tempat wisata yang memiliki restoran atau tempat untuk ngabuburit atau menunggu jelang azan Magrib.

Bagi tempat makan, restoran, atau kafe sangat dianjurkan untuk tutup pada siang hari dan buka saat menjelang waktu berbuka.

"Kami mempersilahkan destinasi wisata untuk buka saat bulan Ramadan, tapi ditegaskan untuk mengikuti aturan yang telah diberlakukan oleh Pemda Purwakarta selama bulan suci Ramadan ini," ucapnya.

Mendapat laporan dari sejumlah pihak pengelola tempat wisata, Heri mengatakan bahwa selama libur Ramadan tepat wisata yang tutup akan melakukan maintainance.

Maintainance tersebut berupa perbaikan ataupun peningkatan kualitas tempat wisata untuk mempersiapkan libur panjang Lebaran.

Selain tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta, ikon wisata Purwakarta yang terbesar se-Asia Tenggara pun akan tutup selama puasa.

Air Mancur Sribaduga di Taman Situ Buleud, Purwakarta tidak akan mempertunjukkan tarian air indahnya selama satu bulan ke depan.

Penghentian sementara itu telah sesuai aturan yang setiap tahunnya berlaku menjelang Ramadan, dan akan dimulai pada Sabtu (4/5/2019) hingga selesai Lebaran.

"Setiap tahun jelang bulan Ramadan pertujukan air mancur dihentikan dulu sementara, karena kami menghormati dan menghargai aktivitas di bulan suci Ramadan," katanya.

Mulai Besok, Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Berhenti Beroperasi

Jelang Ramadhan, Satpol PP Purwakarta Intensif Razia Miras dan Prostitusi

Penulis: Haryanto
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved