Satlantas Polres Bandung Imbau Pemudik Lebaran Bandung-Garut untuk Tidak Lintasi Jalur Alternatif

Satlantas Polres Bandung mengimbau, kepada pemudikdari Bandung ke Garut atau sebaliknya untuk tidak melintasi jalur alternatif

Satlantas Polres Bandung Imbau Pemudik Lebaran Bandung-Garut untuk Tidak Lintasi Jalur Alternatif
firman wijaksana/tribun jabar
Pengendara motor melintasi tanjakan di Jalan Cijapati, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Kamis (7/6/2018). Jalan Cijapati merupakan jalur alternatif dari Bandung menuju Garut. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bandung mengimbau, kepada pemudik Hari Raya Idulfitri 2019 dari Bandung ke Garut atau sebaliknya untuk tidak melintasi jalur alternatif, baik perjalanan mudik atau balik.

Beberapa jalur yang kerap menjadi alternatif oleh pemudik dari arah Bandung menuju Garut atau sebaliknya, yakni Jalur Cijapati dan Jalur Kamojang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bandung, AKP Hasby Rastama, mengatakan, kedua jalur alternatif tersebut memiliki medan terjal dan lebar jalan yang kecil, sehingga tidak direkomendasikan sebagai jalur mudik.

"Fokus kami di sini (Nagreg) dahulu, karena petugas kepolisian akan banyak di Nagreg," kata Hasby saat ditemui di Jalan Lingkar Nagreg, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jumat (3/5/2019).

Banjir masih menggenangi jalan persimpangan Cikancung-Cijapati.
Banjir masih menggenangi jalan persimpangan Cikancung-Cijapati. (Tribun Jabar/Hakim Baihaqi)

Jadwal Buka Puasa dan Imsak Ramadhan 1440 Kota Bandung dan Bogor, Gambar Bisa di-Download

Hasby mengatakan, di Jalur Nagreg pun nantinya, akan ada beberapa petugas di antaranya, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung.

Selain itu, kata Hasby, pihaknya pun akan menyediakan enam kamera CCTV, kamera tersebut dipersiapkan langsung dari Korlantas Polri.

"Tidak perlu khawatir melewati jalur Nagreg," katanya.

Hasby pun mengatakan, pada H-3 sampai H+4 lebaran, Satlantas Polres Bandung akan melakukan sistem one way (satu jalur) atau buka tutup jalur, dengan durasi kira-kira 30 hingga 60 menit

Hal tersebut, kata Hasby, akan dilakukan beberapa kali dalam satu hari dan pihalknya pun telah melakukan dkoordinasi dengan Satlantas Polres Garut serta Tasikmalaya.

Harga Daging Ayam Diprediksi Terus Naik Hingga H-1 Ramadan atau Munggahan

Ia pun mengimbau, bila nantinya sistem buka tutup jalur diberlakukan selama arus mudik berlangsung, masyarakat diminta untuk segera berhenti dan bersabar, agar lancar hingga tempat tujuan.

"Bila dalam kondisi darurat, tim pengurai pun kami siapkan, berguna bila ada orang sakit atau kecelakaan," katanya.

Dari pantauan Tribun Jabar, Jumat (3/5/2019), Satlantas Polres Bandung melakun pengecekan di jalur selatan Nagreg ini dilakukan dibeberapa titik, di antaranya Jalan Lingkar Nagreg, terowongam Lingkar Nagreg, dan Simpang Cikaledong perbatasan Bandung-Garut.

Dari hasil pantauan pihaknya bersama Dishub dan PUTR Kabupaten Bandung, sepanjang Jalan Lingkar Nagreg ada beberapa titik jalan berlubang.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved