Mulai Besok, Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Berhenti Beroperasi

Sebab waktu pertunjukan air mancur yang menari yaitu Sabtu malam bertepatan dengan waktu salah tarawih selama bulan puasa.

Mulai Besok, Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Berhenti Beroperasi
Tribun Jabar/ Haryanto
warga menggunakan payung dan jas hujan saat menikmati pertunjukan air mancur Sri Baduga, di Situ Buleud, Purwakarta, Sabtu (3/3/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Dimulai pada Sabtu (4/5/2019), air mancur Sri Baduga di Purwakarta tidak akan mempertunjukkan keindahannya menari kepada khalayak ramai.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kabid Pariwisata dan Kebudayaan Disporabudpar Purwakarta, Heri Anwar saat ditemui Tribun Jabar di kantornya, Sindangkasih, Purwakarta, Jumat (3/5/2019).

Dia menyebut bahwa sekiranya selama satu bulan di bulan ramadhan, air mancur yang telah menjadi ikon wisata Purwakarta itu tidak akan beroperasi.

"Sesuai dengan kebijakan dari pimpinan di Pemda Purwakarta, setiap tahun jelang Bulan Ramadhan pertujukan air mancur Sri Baduga dihentikan dulu sementara," kata Heri menjelaskan.

Penutupan sementara Air Mancur Sri Baduga itupun, menurut Heri dikarenakan untuk menghormati bulan suci Ramadhan yang perlu fokus pada ibadah.

Sebab waktu pertunjukan air mancur yang menari yaitu Sabtu malam bertepatan dengan waktu salah tarawih selama bulan puasa.

Meski demikian, gelaran air mancur terbesar di Asia Tenggara itupun akan kembali dibuka setelah Idul Fitri atau lebaran.

"Setelah lebaran akan 'on' kembali, pasti dengan pertunjukan air mancur yang lebih spektakuler," ucap dia.

Alih-alih libur saat tidak adanya pertunjukan air mancur Sri Baduga, Heri mengaku tetap bekerja terhadap air mancur yang terletak di Situ Buleud, Nagrikidul, Purwakarta.

Pemeliharaan dan memperbaiki mesin-mesin penggerak air mancur pun akan dilakukan selama bulan Ramadhan.

"Mumpung lagi libur, kami tetap bekerja untuk 'maintenance' sistem operasi air mancur agar lebih baik," ujarnya menambahkan.

Penulis: Haryanto
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved