VIDEO Mahasiswa dan Buruh Demonstrasi di Depan Bale Kota Tasikmalaya

Peringati Hari Buruh Internasional atau May Day, mahasiswa yang tergabung Aliansi Mahasiswa Tasikmalaya dan kelompok buruh menggelar aksi

Peringati Hari Buruh Internasional atau May Day, mahasiswa yang tergabung Aliansi Mahasiswa Tasikmalaya dan kelompok buruh menggelar aksi di depan Bale Kota Tasikmalaya, Rabu (1/5/2019).

Karena peserta aksi tidak diperboleh masuk ke lingkungan Bale Kota Tasikmalaya, aksi pun digelar di badan jalan.

Kepolisian dan Dishub Kota Tasikmalaya melakukan rekayasa lalu lintas agar masyarakat terhinda dari kemacetan.

Para perwakilan dari massa berorasi di depan sejumlah pejabat yang terlihat ada, di antaranya adalah Sekda Ivan Dicksan dan Kepala Disnaker Kota Tasikmalaya, Rahmat Mahmuda.

Massa menuntut sistem pengupahan dan jaminan keselamatan bagi pekerja.

"Tuntutan kami tetap sama seperti tahun kemarin yakni pengupahan sesuai UMK. di Kota Tasikmalaya ada sekitar 40 persen perusahaan yang belum menjalankan sesuai ketentuan," teriak seorang orator.

Saat ditemui di sela aksi, koordinator massa dari mahasiswa, Boby Nugraha, mengatakan bahwa selama ini masih ada permasalahan dalam pengupahan tenaga kerja di Kota Tasikmalaya.

"Kami memandang bahwa masih banyak perusahaan yang masih mengupah di bawah UMK dan belum memenuhi jaminan keselamatan kerja," kata Boby.

Gelaran aksi yang dilakukan mahasiswa ini, dikatakan Boby, sebagai keresahan mahasiswa yang tak lama lagi akan masuk dunia kerja.

"Kami terdorong, karena kami sebagai mahasiswa yang setelah lulus nanti pastinya bingung mencari kerja dan terjebak di realita dunia perburuhan saat ini," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved