Partisipasi Pemilih di Purwakarta Saat Pemilu 2019 Lebihi Target 2 Persen

Partisipasi pemilih di Purwakarta saat Pemilu 2019 melebihi target yang telah ditetapkan.

Partisipasi Pemilih di Purwakarta Saat Pemilu 2019 Lebihi Target 2 Persen
Tribun Jabar/Haryanto
Komisioner KPU Purwakarta bersama Muspida Purwakarta sesaat sebelum mengirimkan kotak suara dari kantor KPU Purwakarta, Nagrikaler, Purwakarta, Kamis (2/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Partisipasi masyarakat Purwakarta pada Pemilu 2019 meningkat bahkan melebihi target yang telah ditetapkan KPU Purwakarta.

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Ramlan Maulana, mengatakan partisipasi pemilih kali ini mencapai lebih dari 80 persen.

"Partisipasi pemilih dilihat dari  capres, di Purwakarta mencapai 82,1 persen. Melampaui dua persen dari target kami 80 persen," kata Ramlan Maulana saat ditemui di Kantor KPU Purwakarta, Jalan Flamboyan, Nagrikaler, Purwakarta, Kamis (2/5/2019).

Angka partisipasi ini bahkan jauh lebih meningkat dibandingkan dengan partisipasi pemilih saat Pilgub dan Pilbup di Purwakarta yang mencapai 79,4 persen.

Indikasi kenaikan partisipasi masyarakat ikut serta menjadi pemilih di Pemilu 2019 ini bisa dilihat dari lancarnya proses pemilu di Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius mengaku bahwa keamanan dan kenyamanan proses pemilu di Purwakarta membuat partisipasi masyarakat meningkat.

"Partisipasi yang tinggi ini membuktikan bahwa masyarakat merasa aman dan nyaman pada Pemilu 2019," ucapnya.

Sebab menurutnya, jika masyarakat merasa terancam dan merasa ketakutan saat berlangsungnya pemilu, maka partisipasi pun akan menurun.

Dengan demikian, Matrius mengaku Pemilu 2019 di Purwakarta berjalan aman, damai, kondusif, dan sejuk.

"Partisipasi masyarakat dari angka partisipasi yang 70-an persen di tahun lalu (pilkada), kini mencapai lebih dari 80 persen," ujar dia.

Semua Parpol di Purwakarta Sudah Setor Laporan Kampanye

Jokowi-Maruf Amin Kalah Telak di Purwakarta, Ini Perolehan Suaranya

Penulis: Haryanto
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved