Gara-gara Kecamatan Cileunyi Belum Siap, Rapat Pleno Rekaputilasi di Kabupaten Bandung Diskors

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di Kabupaten Bandung diskorsi. Gara-gara Kecamatan Cileunyi belum siap.

Gara-gara Kecamatan Cileunyi Belum Siap, Rapat Pleno Rekaputilasi di Kabupaten Bandung Diskors
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Ratusan warga binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Jelekong, Baleendah Kabupaten Bandung tidak bisa mencoblos di empat TPS khusus lapas tersebut pada Pilpres dan Pileg 2019 tahun ini, Rabu (17/4/2019). Pasalnya sebagian besar para warga binaan ini tidak memiliki KTP. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Rapat Pleno Terbuka Hasil Rekapitulasi Pemilu 2019 tingkat kabupaten yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung diskorsing.

Hal itu terjadi karena hasil rekapitulasi di Kecamatan Cileunyi belum juga masuk ke KPU Kabupaten Bandung.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya saat dihubungi mengatakan, penghitungan hasil rekapitulasi tiap kecamatan ini akan dilanjutkan Jumat (3/5/2019) besok.

"Ya, diskors (sampai Jumat). Karena masih ada Kecamatan Cileunyi yang belum siap tampil waktu malam kemarin (Rabu malam)," katanya tadi siang.

Agus mengatakan, logistik dari PPK Cileunyi sampai di KPU pada pukul 23.30 WIB malam kemarin.

Hal tersebut yang menyebabkan proses pembacaan rekapitulasi diskors sementara.

"Kalau sekarang sudah sampai, cuma kemarin sebelum jam 12 malam belum sampai ke hotel, ya, udah kami skors karena sesuai dengan komitmen Rapat Pleno Terbuka ini digelar sampai pukul 24.00 WIB," kata Agus.

Menurutnya keterlambatan logistik dari PPK Cileunyi ke KPU Kabupaten Bandung ini diakibatkan karena setiap kecamatan berbeda-beda, salah satunya jumlah DPT.

"Ya, karena di setiap kecamatan lama rekapnya. Rekapnya, kan, per TPS, jadi bebannya berat. DPT-nya beda, jumlah TPS beda, jadi bebannya berbeda," ujarnya.

Sebelumnya, pada Rabu (1/5/2019) kemarin dua PPK dari Kecamatan Dayeuhkolot dan Cileunyi terlambat masuk. Padahal, KPU menargetkan pembacaan rekapitulasi itu selesai pada Rabu (1/5/2019) malam.

Seperti Kecamatan Dayeuhkolot masuk sekitar pukul 22.30 WIB. Meski harus diskors, hal tersebut menurutnya tidak akan mempengaruhi rekapitulasi tingkat Jawa Barat.

"Enggak, kan, paling lambat tanggal 7 Mei. Yang penting masih di tahapan. Rekapitulasi tingkat kabupaten bisa dimulai dari 20 April sampai 7 Mei," ujarnya.

KPU Kota Tasikmalaya Gelar Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2019, Ini Alasannya

KPU Kota Bandung Mulai Rekapitulasi Penghitungan Suara, Target 4 Hari Kelar

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved