Warga Keluhkan TPS Liar di Jalan Citarik Baru Solokanjeruk Kabupaten Bandung

Keberadaan tempat penampungan sampah (TPS) liar di Jalan Citarik Baru, Kampung Rancakemit, Desa Solokanjeruk, Kecamatan Solokanjeruk

Warga Keluhkan TPS Liar di Jalan Citarik Baru Solokanjeruk Kabupaten Bandung
tribunjabar/hakim baihaqi
TPS liar di Jalan Citarik Solokanjeruk Kabupaten Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Keberadaan tempat penampungan sampah (TPS) liar di Jalan Citarik Baru, Kampung Rancakemit, Desa Solokanjeruk, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, dikeluhkan oleh warga yang melintasi jalan tersebut.

Keberadaan TPS liar yang berada di seberang Sungai Citarik ini, berada di lahan kosong sekitar lahan pertanian milik warga seluas kira-kira 50 meter persegi dan memakan bahu sepanjang 100 meter.

Aroma busuk dari ceceran sampah tersebut, kerap tercium hingga radius 30 meter dan dihinggapi oleh banyak lalat, sehingga para pengendara yang melintas di Jalan Citarik Baru terlihat menghindari tumpukan.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, Rabu (1/5/2019), sampah yang dibuang ke TPS liar tersebut sebagian besar merupakan sampah domestik rumah tangga, berupa sampah plastik, kertas, sayuran, popok bayi, hingga potongan kain.

Seorang pengendara, Rizki (22), mengatakan, ia hampir setiap hari melintasi jalan tersebut dan jengkel, karena aroma busuk dari tumpukan sampah yang kerap dibakar oleh warga sekitar, sehingga menganggu pernapasan.

Polda Jabar Siapkan Kantin Gratis di Gedung Sate untuk Kaum Buruh yang Berdemo, Ada Nasi Goreng

"Saya berkendara pakai masker, tetapi tetap saja sampah-sampah itu tercium. Apalagi kalau sudah hujan, dari jarak 50 meter sudah kecium," kata Rizki di Jalan Citarik Baru, Rabu (1/5/2019).

Warga yang melintas pun menyebutkan, tumpukan sampah tersebut semakin banyak setiap harinya dan jarang dilakukan pengangkutan oleh pihak terkait, sehingga sampah menggunung hingga satu meter.

Warga sekitar, Gilang Cahyadi (32), mengatakan, sampah-sampah tersebut tidak hanya menjadi TPS liar bagi warga Kampung Rancakemit, melainkan oleh warga dari kampung lain sekitar Sungai Citarik.

"Saya pernah lihat, pengendara motor atau mobil sengaja buang sampah ke sini, biasanya subuh dan malam hari," katanya.

Reino Barack Sebut Tudingan Makan Teman Halu, Syahrini: Reino Aku Itu Cari Suami Bukan Pacar

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved