Raihan Kursi di DPRD Sumedang Hasil Pemilu 2019: Golkar Hilang 3 Kursi, PKB Tambah 4 Wakil

Walau menjadi pemenang Pemilu 2019 di Sumedang, PDIP harus kehilangan satu kursi. PKB yang sebelumnya meraih 2 kursi kini melesat mendapat 6 kursi

Raihan Kursi di DPRD Sumedang Hasil Pemilu 2019: Golkar Hilang 3 Kursi, PKB Tambah 4 Wakil
Tribun Jabar/Deddi Rustandi
Kursi dan meja anggota DPRD di ruang tengah Gedung Negara yang dipakai rapat paripurna peringatan hari jadi ke-441 Sumedang banyak yang kosong. Kursi kosong disebabkan banyak anggota DPRD yang gagal mempertahankan kursi karen akalah dalam pemilu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Deddi Rustandi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG- Walaupun menjadi pemenang Pemilu 2019 di Sumedang, PDIP harus kehilangan satu kursi.

Pada Pemilu 2019 di Sumedang, partai berlambang banteng dalam lingkaran ini mendapat 11 kursi atau hilang satu kursi dari pemilu sebelumnya yang meraih 12 kursi.

Sebagai partai pemenang Pemilu 2019, PDIP masih berhak meraih kursi Ketua DPRD Sumedang.

Di pemilu tahun ini, Golkar k ehilangan banyak kursi. Sebelumnya Golkar mempunyai 10 kursi kini tinggal tujuh kursi atau kehilangan tiga kursi.

“Golkar kehilangan tiga kursi. Dengan tujuh kursi, Golkar masih mempunyai hak menempatkan kadernya di kursi wakil ketua DPRD,” kata Sekretaris DPD Golkar Sumedang, Yogi Yaman Santosa, Rabu (1/5/2019).

Gerindra yang sebelumnya meraih enam kursi kini bertambah menjadi tujuh kursi dan masih berhak menempatkan kadernya di kursi wakil ketua DPRD.

Mahasiswa Berusia 23 Tahun di Sumedang Lolos Jadi Anggota Dewan, Jadi Anggota DPRD Termuda

Anak Gagal Jadi Anggota DPRD, Sang Ayah Marah Tutup Pasar, Pedagang Pun Tak Berani Melawan

PPP yang sebelumnya memiliki lima kursi berhasil menambah menjadi tujuh kursi. “PPP berhasil menambah menjadi tujuh kursi, dari enam daerah pemilihan di dapil satu PPP meraih dua kursi,” kata Ilmawan Muhammad, Sekretaris DPC PPP, Rabu (1/5/2019).

PKS yang sebelumnya mendapat jatah wakil ketua DPRD, kini harus kehilangan kursi di pimpinan dewan. Raihan kursi PKS tetap enam kursi sama dengan pemilu sebelumnya.

PKB yang sebelumnya meraih dua kursi kini melesat dengan mendapat enam kursi. Dari enam dapil yang ada, PKB meraih satu kursi di enam dapil. PAN juga menambah kursi dari sebelumnya tiga kursi menjadi empat kursi.

Demokrat harus kehilangan dua kursi dari sebelumnya empat kursi kini tinggal dua kursi.

Dari 50 kursi yang ada sebanyak 25 orang merupakan wajah baru. Namun dari pendatang baru itu, dua orang sebelumnya pernah menjadi anggota DPRD.

Meratanya raihan kursi di DPRD Sumedang membuat pembagian pimpinan di alat kelengkapan akan menjadi alot.

Biasanya alat kelengkapan yang menjadi rebutan untuk menjadi pimpinan ada di empat komisi dan Badan Anggaran (Banggar). 

Penulis: Deddi Rustandi
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved