Puasa Bisa Sembuhkan Penyakit Kanker? Begini Prosesnya

Tubuh Anda dirancang untuk melindungi dari kelaparan. Saat sahur, tubuh akan menyimpan cadangan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Puasa Bisa Sembuhkan Penyakit Kanker? Begini Prosesnya
Cancer | The Emperor of All Maladies/An illustration of Pam Cromwell
ilustrasi penderita kanker 

TRIBUNJABAR.ID - Ramadan tak lama lagi, seluruh umat muslim yang mampu diwajibkan berpuasa, bagaimana dengan yang sakit parah seperti para penyintas kanker yang dialami Ani Yudhoyono?

Sejak divonis kanker darah, kini kondisi kesehatan Ani Yudhoyono tak dipungkiri tak lagi sebugar sebelumnya. Bisakah istri Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpuasa?

Kondisi terakhir ibu negara keenam RI ini meski menunjukkan kemajuan, meski wajahnya tak bisa disembunyikan telah berubah karena efek kemoterapi yang pasti menguras tenaganya.

Jelas terlihat wajah pucat, lebam, hingga tubuh kurus di setiap foto Ani Yudhoyono.

Lantas, bisakah Ani Yudhoyono berpuasa?

Ceritakan Kondisi Terbaru Ani Yudhoyono, Annisa Pohan: Seminggu Terakhir Ini Memo Banyak Diam
Ceritakan Kondisi Terbaru Ani Yudhoyono, Annisa Pohan: Seminggu Terakhir Ini Memo Banyak Diam (Instagram @annisayudhoyono)

Mengutip Hello dokter, puasa selama bulan Ramadan ternyata berkhasiat bagi benderita kanker, apalagi jika mengikuti panduan puasa yang benar.

Selama beberapa tahun terakhir, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa puasa dapat mengurangi faktor risiko dan gejala kondisi kesehatan yang serius, termasuk kanker.
Penderita kanker boleh berpuasa?

Berdasarkan beberapa kasus, penderita kanker yang berpuasa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, namun ini tergantung pada kondisi kesehatan penderita kanker itu sendiri.

Penderita kanker diperbolehkan puasa dengan catatan, tidak mengalami komplikasi, tubuh dalam kondisi stabil, dan berada di bawah penanganan dokter. Berdasarkan penelitian, penderita kanker lanjut kemungkinan diperbolehkan berpuasa.

Sementara itu, penderita kanker tidak diperbolehkan puasa jika sedang menjalani pengobatan dan kanker sudah mencapai tahap kronis.

Ilustrasi Puasa
Ilustrasi Puasa (ISTIMEWA)
Halaman
1234
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved