Sidang Pleno Rekapitulasi di Tingkat Kabupaten Dimulai, Target Tiga Hari Beres

Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman mengatakan hari pertama rekapitulasi suara dari berbagai kecamatan itu baru dimulai.

Sidang Pleno Rekapitulasi di Tingkat Kabupaten Dimulai, Target Tiga Hari Beres
Tribun Jabar/Haryanto
Situasi┬ásidang pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 di tingkat KPU Purwakarta,┬ádi Aula KPU Purwakarta, Jalan Flamboyan, Nagrikaler, Selasa (30/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Proses sidang pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 di tingkat kabupaten Purwakarta baru dimulai pada Selasa (30/4/2019).

Proses rekap yang digelar KPU Purwakarta dilakukan di Aula KPU Purwakarta, Jalan Flamboyan, Nagrikaler, Purwakarta.

Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman mengatakan hari pertama rekapitulasi suara dari berbagai kecamatan itu baru dimulai.

"Ini hari pertama melakukan rekapitulasi di tingkat kabupaten mudah-mudahan bisa berjalan dengan aman dan seterusnya," kata Ahmad saat ditemui disela sidang pleno.

Rekapitulasi yang prosesnya mengecek dan memastikan data formulir DA1 itu ditargetkan selama tiga hari.

Formulir DA1 adalah kertas hasil rekapitulasi suara di level kecamatan. Data di DA1 pada rekapitulasi ini harus sesuai dengan formulir rekap C1 yang merupakan hasil di TPS.

Temui Mahasiswa yang Berdemo, Anggota KPU Jabar: Kami Tersenyum Bukan Menyepelekan

KPU Garut Gelar Rapat Pleno Pemilu 2019, Polisi Sebut Potensi Konflik Tidak Krusial

Selama tiga hari, setidaknya ada enam kecamatan yang akan dilakukan rekapitulasi hasil DA1-nya.

Ahmad Ikhsan Faturrahman mengaku target tersebut masih dinamis dan bisa saja menjadi lebih cepat diselesaikan rekap dari 17 kecamatan di Purwakarta.

"Bisa saja berubah bagaimana para peserta sidang dari saksi parpol dan capres termasuk Bawaslu.  Kemungkinan lebih cepat, bisa saha jadi dua hari telah selesai," ucapnya.

Meski memungkinkan dipercepat rekapitulasinya, Ahmad menegaskan proses dan mekanisme harus sesuai undang-undang yang berlaku.

Dia menyebut lamanya proses rekapitulasi satu kecamatan berkisar antara satu hingga dua jam.

"Mudah-mudahan saja lebih cepat tapi dengan proses tidak ada yang terlewat. Di hari pertama dari target awal enam kecamatan bisa ditambahkan dua kecamatan misalnya," ujar dia.

Penulis: Haryanto
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved