Sekitar 15 Persen Perusahaan di Kota Tasikmalaya Masih Bermasalah dalam Pemenuhan Hak Dasar Pekerja

Dinas Ketenagakerjaan Kota Tasikmalaya mencatat masih ada sekitar 10 sampai 15 persen perusahaan yang bermasalah dengan para pekerjanya.

Sekitar 15 Persen Perusahaan di Kota Tasikmalaya Masih Bermasalah dalam Pemenuhan Hak Dasar Pekerja
Tribun Jabar/Isep Heri
Kadisnaker Kota Tasikmalaya, Rahmat Mahmuda, Selasa (30/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Dinas Ketenagakerjaan Kota Tasikmalaya mencatat masih ada sekitar 10 sampai 15 persen perusahaan yang bermasalah dengan para pekerjanya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tasikmalaya Rahmat Mahmuda mengatakan catatan itu berdasarkan dari laporan yang masuk ke pihaknya.

"Permasalahan yang masih kami terima laporannya lebih pada pemenuhan kebutuhan dasar pekerja, di antaranya jaminan keselamatan dan kesehatan pekerja, masalah hak cuti, insentif, dan THR," jelas Rahmat, Selasa (30/4/2019).

Padahal kata Rahmat, sanksi administratif dan sanksi pidana bisa dikenakan bagi perusahaan yang bermasalah.

"Sanksi bisa berupa penutupan sementara, kemudian ada sanksi pidana juga tergantung pelanggaran perusahaan," jelasnya.

Jelang Mudik Lebaran, Polres Tasikmalaya Waspadai Jalur Gentong dan Lintasan KA

Tetapi pihaknya saat ini tidak bisa memberikan sanksi secara langsung kepada perusahaan yang bermasalah dengan pekerjanya.

"Sekarang yang berwenang memberikan sanksi dijalankan balai pengawasan dari pemerintah provinsi. Kami hanya memediasi dan melakukan pembinaan," tuturnya.

Menurutnya perusahaan itu harus memandang pekerja sebagai aset yang harus dijaga, ditingkatkan kemampuan dan jangan dijadikan beban.

"Momen may day besok kami akan jadikan sarana menguatkan komitmen antara pemerintah, perusahaan, dan para pekerja dan stakeholder lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan dan keadilan bagi pekerja," kata dia.

4 Pria China Datang ke Tasik Mencari Gadis Pujaannya tapi Berakhir di Kantor Imigrasi

Dari pemerintah Kota Tasikmalaya dalam peringatan hari buruh esok hari akan mengadakan kegiatan bersama serikat pekerja.

"Kami akan mengadakan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis. Bagi pekerja besok yang mau melakukan aksi silahkan menyampaikan aspirasi tapi tetap menjaga kondusivitas," ucapnya.

Teguh Usung Filosofi Menyerang di Persib Bandung, Miljan Radovic: Kamu Akan Lihat Kenapa Saya Sabar

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved