Satgas Pangan Purwakarta Sebut Ada 3 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Cegah Kenaikan Harga

Ketua Tim Satgas Pangan Purwakarta Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius mengatakan ada 3 hal penting untuk mencegah harga melonjak naik jelang Ramadhan

Satgas Pangan Purwakarta Sebut Ada 3 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Cegah Kenaikan Harga
Tribun Jabar/Haryanto
Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius saat bersama Satgas Pangan menggelar operasi pasar menjelang Bulan Ramadhan di Pasar Leuwi Panjang, Purwamekar, Purwakarta, Selasa (30/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Ketua Tim Satgas Pangan Purwakarta yang juga menjabat Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius mengatakan setidaknya ada tiga hal penting untuk mencegah harga melonjak naik menjelang Ramadhan.

Hal tersebut dikatakannya setelah melakukan kegiatan operasi pasar di Pasar Leuwi Panjang, Purwamekar, Purwakarta, Selasa (30/4/2019).

Operasi tersebut pun dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok di pasar menjelang bulan Ramadhan 2019.

Matrius menyebut pemantauan harga setiap saat menjadi salah satu poin pihaknya untuk pencegahan penimbunan atau kenaikan harga.

"Memantau harga setiap hari dan sudah dilakukan oleh satgas pangan sejak H-7 Puasa, itu untuk memantau perkembangan harga agar bisa segera menindaklanjuti jika ada kenaikan yang mencurigakan," kata Matrius menjelaskan.

Selain pemantauan harga setiap hari, pihaknya akan memantau dan mengamati rantai distribusi sejak dari hulu hingga ke hilir.

Jika harga tiba-tiba meningkat jelang puasa dimulai, menurut dia berarti bisa saja ada masalah dalam rantai distribusi.

Poin terakhir untuk mencegah adanya kenaikan harga yang signifikan, pihaknya sudah siap menggelar operasi pasar murah.

"Bersama Pemkab Purwakarta, bazar atau operasi pasar murah akan digelar untuk menekan harga tidak melonjak lebih tinggi," ucapnya.

Sejumlah komoditas pasar, kata Matrius sudah ada yang mengalami kenaikan. Meski demikian, adapun harga pasar yang mengalami penurunan.

Jelang Ramadhan, Harga Beras dan Daging Masih Stabil, Pemkab Purwakarta Siapkan Bazar Pasar Murah

Kenaikan harga pun diduga diakibatan dari faktor cuaca yang masih sering kali hujan deras.

Operasi pasar yang setiap menjelang puasa dilakukan oleh sejumlah pihak berupa Satgas Pangan itu diyakini berhasil menekan harga.

"Seperti pada dua tahun lalu harga bisa stabil, dan tahun ini terlihat sudah ada kenaikan permintaan dan harga. Kami usahakan akan segera menggelar bazar di pasar," ujar dia menambahkan.

Operasi Pasar oleh Satgas Pangan tersebut diikuti pula oleh Wakil Bupati Purwakarta, Aming bersama perwakilan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) serta Diskoperindag Purwakarta.

Satgas Pangan Polres Cirebon Akan Tindak Tegas Pelaku Penimbun Bahan Pokok Jelang Ramadan

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved