Jelang Ramadhan, Harga Beras dan Daging Masih Stabil, Pemkab Purwakarta Siapkan Bazar Pasar Murah

Mendekati bulan Ramadan 1440 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Purwakarta bersama dinas dan jajaran Polres Purwakarta melakukan operasi pasar

Jelang Ramadhan, Harga Beras dan Daging Masih Stabil, Pemkab Purwakarta Siapkan Bazar Pasar Murah
Tribun Jabar/Haryanto
Wakil Bupati Purwakarta, Aming, saat berkeliling Pasar Leuwi Panjang, Purwamekar, Purwakarta, Selasa (30/4/2019) dalam rangka operasi pasar jelang Bulan Ramadan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Mendekati bulan Ramadan 1440 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Purwakarta bersama dinas dan jajaran Polres Purwakarta melakukan operasi pasar ke Pasar Tradisional di Purwakarta.

Kegiatan itu dilakukan guna mengecek stok serta harga bahan pokok menjelang puasa yang biasanya mengalami fluktuatif.

Operasi Pasar itu dipimpin Wakil Bupati Purwakarta, Aming, bersama Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, serta didampingi perwakilan Dinas Pangan dan Pertanian serta Diskoperindag Purwakarta.

Aming mengatakan s ejumlah bahan pokok dinyatakan cukup stabil namun beberapa komoditas sayuran dan bumbu dapur mengalami kenaikan.

"Bawang putih dan ayam potong yang harganya naik, untuk bawang putih naik cukup tinggi dari harga 40 ribu sekarang 48 ribu. Daging ayam potong dari 20 ribu menjadi 36 ribu, kalau yang lain stabil," kata Aming setelah berkeliling di Pasar Leuwi Panjang, Purwamekar, Purwakarta, Selasa (30/4/2019).

Jelang Ramadan, Tim Gabungan Inspeksi Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Bandung

Pastikan Kesiapan Lebaran, PT KAI Lakukan Inspeksi Berbagai Wilayah di Pulau Jawa

Komoditas dagang seperti daging sapi, beras, dan lain harganya masih stabil bahkan mengalami penurunan.

Meski demikian pihaknya akan mengantisipasi apabil ada kenaikan harga dengan melaksanakan bazar pasar murah.

Daging sapi tercatat masih berharga Rp 100 - 110 ribu per kilogram dan pasokan stok masih terbilang cukup.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pangan, Agus Suherlan menyebut bahwa pasokan beras untuk Kabupaten Purwakarta masih terbilang sangat stabil.

8 Kursi DPRD Purwakarta dari Dapil 1 Dibagi untuk 8 Partai, Melaju ke Gedung Putih Ciganea

Ditambah lagi pada Maret hingga Juli ada panen raya dengan produksi yang melimpah, termasuk suplai beras dari daerah lain.

"Purwakarta dari luas tanam 42 ribu hektare per tahun itu konsumsi untuk Purwakarta sering surplus karena dari 42 ribu hektare dari per hektare-nya paling rendah 6 ton, serta 260 ribu ton produksi gabah kering giling," ucapnya.

Agus menyebut pihaknya sudah siap melaksanakan operasi pasar juga akan melaksanakan bazar atau pasar murah dibeberapa tempat.

Ia menegaskan Pemkab setempat telah membentuk Satgas Pangan untuk memantau harga dan distribusi untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Ya tentu saja kami lakukan pemantauan terus menerus, kalaupun ada barang yang sulit dan harganya meningkat, ya kami siapkan pasar murah atau bazar," ujarnya.

Penulis: Haryanto
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved