Dedi Mulyadi Usul Ibukota Dipindah ke Eks Keresidenan Purwakarta, Nih 4 Alasan Kuatnya

Tokoh masyarakat yang juga Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengusulkan agar ibukota dan pusat pemerintah dipindahkan

Dedi Mulyadi Usul Ibukota Dipindah ke Eks Keresidenan Purwakarta, Nih 4 Alasan Kuatnya
Tribun Jabar/ Haryanto
Dedi Mulyadi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Tokoh masyarakat yang juga Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengusulkan agar ibukota dan pusat pemerintah dipindahkan ke wilayah eks keresidenan Purwakarta.

Dedi Mulyadi menilai, eks keresidenan Purwakarta yang mencakup Subang dan Karawang sangat strategis untuk dijadikan alternatif pusat pemerintahan.

"Di Jawa, dan terutama Jawa Barat, sesungguhnya sebagian wilayah Purwakarta, sebagian Karawang dan sebagian wilayah Subang, merupakan daerah strategis dan bisa menjadi alternatif pusat pemerintahan," kata Dedi, saat ditemui di Purwakarta , Selasa (30/4/2019).

Dia menjelaskan alasan Purwakarta dan sekitarnya cocok menjadi pusat pemerintahan dan bahkan ibukota negara.

Pertama adalah ketersediaan air. Menurut Dedi, ketiga wilayah itu memiliki tanah yang subur dan air melimpah.

Bandung Juga Pernah Dipersiapkan untuk Gantikan Jakarta sebagai Ibu Kota, Gagal Gara-gara Ini

Alasan kedua adalah mudahnya akses ke bandar udara. Dari Purwakarta ke Bandara Soekarno-Hatta cukup dekat. Bahkan, ke Bandara Kertajati juga tidak jauh.

"Selain itu, alasan ketiga, di tiga wilayah itu tidak pernah terjadi bencana banjir. Daerah selatan Karawang terintegrasi dengan Subang merupakan daerah yang tidak pernah banjir," kata Dedi yang juga ketua Tim Kampanye Daerah Jawa Barat untuk Jokowi-Maruf Amin itu.

Prediksi Line Up Tottenham Hotspur vs Ajax Amsterdam, Tuan Rumah Tanpa Hary Kane dan Son Heung-min

Alasan ketiga adalah faktor akses transportasi. Menurut Dedi, ketiga wilayah itu sudah terkoneksi dengan jalur tol dan juga kereta api.

"Jadi Purwakarta, Subang dan Karawang sangat cocok menjadi pusat pemerintahan. Bisa juga jadi ibukota negara. Atau ibukota tetap di Jakarta, sedangkan pusat pemerintahan di Purwakarta dan sekitarnya," kata Dedi.

Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta
Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta (TRIBUN JABAR)
Halaman
1234
Penulis: Haryanto
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved