Pemilu 2019

KPU Kota Bandung Akui Input Data C1 Lambat, Ini Kendala yang Sulit Diatasi KPU

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Suharti mengaku lambat dalam menginput data C1 Pilpres 2019 di Situng KPU.

KPU Kota Bandung Akui Input Data C1 Lambat, Ini Kendala yang Sulit Diatasi KPU
Tribunjabar.id/Syarif Pulloh Anwari
Situasi di KPU Kota Bandung, Senin (29/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Suharti mengaku lambat dalam menginput data C1 Pilpres 2019 di Situng KPU.

Maslah yang dihadapi KPU Kota Bandung itu diakibatkan karena proses upload pada server seringkali mengalami kendala.

"Memang sampai hari ini kita ada kendala untuk upload proses data ke server tapi intinya kita memang sudah hampir 80% tapi memang ada beberapa yang belum ter scan sedang kita lengkapi yang agak sulit kita lakukan adalah proses uploadnya," ujar Suharti di kantor KPU Kota Bandung, Senin (29/4/2019).

Suharti menjelaskan data C1 yang sudah dioploud tidak bisa langsung dipublikasikan, harus ada verifikasi dahulu.

"Setelah upload itu ada proses verifikasi jadi tidak bisa langsung dipublikasikan, kita harus hati-hati ketika mau verifikasi data itu kita sandingkan hasil scan dan entrinya ketika hasilnya semua sama baru kita verifikasi dan baru tayang kita nggak bisa memverifikasi ketika datanya belum terupload," ujarnya.

Jokowi atau Prabowo yang Unggul di Ciamis? Semuanya Bisa Diketahui Besok, KPU Gelar Pleno

Pihaknya pun telah melakukan beberapa upaya untuk mempercepat proses upload, satu diantaranya melakukan proses upload pada malam hari. Namun, hal tersebut tetap saja tidak berdampak dalam proses upload dan verifikasi.

"kita coba malam ternyata malam juga kadang lancar kadang nggak kita juga menyadari ini meskipun kita sudah nambah benlux dan lain sebagainya tetapi tidak memecahkan persoalan," ujarnya.

Suharti menambahkan pihaknya pun sudah menambah jumlah anggota verifikasi agar proses Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) lebih cepat namun tetap saja hasilnya.

"Kita nambah tim verifikator 5 orang tapi ternyata nambah orang juga tidak lantas menjadi pekerjaan yang mudah," ujarnya

Ekspresi Jokowi Ketika Disambut Siap Presiden dan Diberi Hormat, TKN: Tidak Sindir Prabowo

Sementara itu, berdasarkan data di laman pemilu2019.kpu.go.id untuk pilpres dari 30 kecamatan di Kota Bandung data perolehan suara masing-masing pasangan capres-cawapres yang sudah masuk 490 TPS dari total 7.107 TPS hingga Senin (29/4/2019).

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved